BI Jatim Catatkan Kinerja Penjualan Eceran di Surabaya Selama Oktober Tumbuh  2,0% (yoy)

oleh -386 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya –Bank Indonesia Jawa Timur mencatatkan Kinerja Penjualan Eceran Kota Surabaya pada bulan Oktober 2023 diperkirakan tumbuh meningkat secara tahunan, tercermin dari prakiraan IPR Oktober 2023 sebesar 417,3 atau tumbuh 2,0% (yoy).

Berdasarkan dari hasil Survei Penjualan Eceran ( SPE ),bahwa Kinerja Penjualan Eceran Kota Surabaya pada bulan Oktober 2023 mengalami peningkatan, setelah terkontraksi pada September 2023 peningkatan kinerja sejalan dengan peningkatan permintaan dalam Negeri, persiapan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal, dan kelancaran Distribusi.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Doddy Zulverdi mengatakan,  dari Indeks Penjualan Riil (IPR) September 2023 tercatat sebesar 405,7, dan secara tahunan terkontraksi mencapai 0,3% (yoy).

“Penurunan kinerja utamanya terjadi pada kelompok Barang Budaya dan Rekreasi, Suku Cadang dan Aksesori, serta Makanan, Minuman dan Tembakau.Penurunan yang lebih dalam tertahan oleh sub kelompok Sandang serta kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor yang tumbuh positif,” ujar Doddy Zulverdi.

Secara bulanan, IPR September 2023 tercatat mengalami penurunan hingga mencapa 3,8% (mtm).Penurunan kinerja utamanya terjadi kelompok Barang Budaya dan Rekreasi, Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya, serta Makanan, Minuman, dan Tembakau.

” Kinerja penjualan eceran Kota Surabaya yang terkontraksi sejalan dengan IPR Nasional September 2023 yang sebesar 201,1, atau secara tahunan mengalami penurunan 1,5% (yoy),” imbuhnya.

Sedangkan untuk kinerja penjualan eceran bulan Oktober 2023 diperkirakan tumbuh meningkat secara tahunan, tercermin dari prakiraan IPR Oktober 2023 sebesar 417,3 atau tumbuh 2,0% (yoy). Kinerja positif penjualan eceran Kota Surabaya ditopang oleh subkelompok Sandang, serta kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau.

Secara bulanan, IPR pada Oktober 2023 diperkirakan mengalami peningkatan 2,9% (mtm), sejalan dengan peningkatan permintaan dalam Negeri, persiapan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal, dan kelancaran distribusi.

Baca Juga :  OtoXpert Operated by Auto2000 Lebarkan Sayap Buka Cabang di Surabaya, Janjikan Servis Mobil Hanya 2 Jam

” Peningkatan kinerja penjualan utamanya terjadi pada kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau, serta Peralatan Informasi dan Komunikasi. Sedangkan  kelompok Barang Budaya dan Rekreasi telah tercatat mengalami perbaikan meskipun masih berada di fase kontraksi,” paparnya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Doddy Zulverdi. (Ist/dok)

Dari sisi harga,  responden memprakirakan intensitas tekanan harga pada Desember 2023 meningkat, sementara pada Maret 2024 diprakirakan stabil dibandingkan Februari 2024.

Sementara untuk Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) pada Desember 2022  telah tercatat sebesar 118,2, hal ini lebih tinggi dibandingkan pada bulan November 2023 yang sebesar 115,9 yang juga dipengaruhi oleh peningkatan harga pada momen Hari Besar Keagamaan Nasional ( HBKN ) Natal dan libur akhir tahun.

” IEH pada Maret 2024 telah tercatat sebesar 110,2, hal ini sudah  menunjukan stabil bila dibandingkan pada Februari 2024 yang sebesar 110,2 dipengaruhi oleh distribusi yang lancar,” pungkas Doddy. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.