Peningkatan Kapasitas KUKM di Jawa Timur Diperkuat Melalui Workshop Pembuatan Olahan Jagung

oleh -538 Dilihat

KILASJATIM.COM, Blitar – Dalam upaya meningkatkan kapasitas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (KUKM) di Jawa Timur, Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Provinsi Jawa Timur menggelar kegiatan Workshop Penguatan Usaha KUKM dengan fokus pada pembuatan produk “Olahan Jagung”. Acara berlangsung di Hotel Puri Perdana Blitar, Jumat, 2 Februari 2024, dan merupakan hasil sinergitas antara DPRD Propinsi Jawa Timur dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Provinsi Jawa Timur.

Anggota DPRD Propinsi Jawa Timur dari Fraksi PAN, Ir.H M Heri Romadhon, MM, serta Caleg DPRD Kota Blitar dari PAN, Muhamad Raihan Tsany Azura, turut hadir dalam kegiatan ini sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan sektor KUKM di wilayah tersebut.

Acara dibuka dengan registrasi peserta pada pukul 07.30 hingga 08.00 WIB, diikuti dengan upacara pembukaan yang melibatkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan panitia, serta sambutan dari Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah. Acara kemudian ditutup dengan doa, menandai dimulainya kegiatan workshop.

Materi yang disampaikan melibatkan kebijakan dan upaya pemerintah untuk meningkatkan daya saing KUKM dalam perekonomian Jawa Timur oleh panitia pengarah. Sementara itu, Dukungan dan Fasilitasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam pengembangan UMKM, serta Materi dan Praktek Pembuatan Olahan Jagung, disampaikan oleh nara sumber dari Dinas Koperasi.

H M Heri Romadhon, dalam sambutannya, mengapresiasi sinergitas antara DPRD Propinsi dan Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Provinsi Jawa Timur. “Terkait dengan agenda hari adalah pelatihan UMKM pembuatan makanan olahan jagung. Jadi kita bersinergi dengan program sinergitas antara DPRD Propinsi Jawa Timur bersama Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur dalam rangka mengembangkan dan menumbuhkan UMKM yang ada di wilayah Kota Blitar. Semoga pelatihan ini membawa manfaat sebagai bentuk rintisan maupun juga sebagai pengetahuan yang bisa dikembangkan oleh ibu-ibu UMKM yang ada di Kota Blitar,” ujar Heri.

Baca Juga :  Ketua DPD RI Sebut Koperasi Bisa Bantu Kehidupan Nelayan dan Stabilkan Harga Ikan

Sebanyak 50 UMKM peserta workshop mendapatkan pembekalan dan praktik pembuatan olahan jagung. Para peserta terlihat sangat puas dengan kegiatan ini, terpancar dari keceriaan para ibu-ibu selama mengikuti pelatihan. Diharapkan, pelatihan ini akan memberikan dampak positif dalam pengembangan usaha UMKM di Kota Blitar.

Caleg Muda DPRD Kota Blitar Dapil Sukerjo No Urut 1 dari PAN, Muhamad Raihan Tsany Azurra, juga turut menyemangati peserta workshop dengan memberikan sapaan kepada para ibu-ibu yang hadir dalam kegiatan tersebut. Semangat dan dukungan dari berbagai pihak diharapkan dapat memberikan dorongan positif bagi pertumbuhan KUKM di Jawa Timur. (wat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.