Bupati Bondowoso Launching Gerakan Pekasesama, Ini Tujuannya

oleh

KILASJATIM.COM, BONDOWOSO – Bupati Bondowoso Launching Gerakan Pekasesama, Ini Tujuannya – Bupati Bondowoso Salwa Arifin melaunching gerakan Pekasesama (Pegang Kartu Sendiri Supaya Aman) di pendapa bupati, Senin (13/9/2021).

Gerakan itu diperuntukkan bagi Keluarga Penerima Manfaat (PKM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) agar mereka memegang kartunya sendiri.

Apalagi selama ini masih ditemukan KPM yang kartunya dipegang orang lain.

Menurut Bupati Salwa, gerakan ini untuk antisipasi berbagai permasalahan yang terjadi dalam distribusi bantuan bagi KPM.

“Terutama terkait kartu penerima bantuan yang harus dipegang oleh KPM sendiri,” katanya

Melalui gerakan ini petugas akan memberikan edukasi kepada KPM. Yakni terkait kartu bantuan yang harus dipegang sendiri.

“Sementara untuk pengawasan pendistribusian Bansos, kami MoU denga aparat kemanan mulai Kejaksaan, Polri dan TNI,” jelasnya.

Di sisi lain Pj Kepala Dinas Sosial, Anisatul Hamidah mengatakan, melalui kegiatan ini kartu tidak boleh dititipkan

“Kartu tidak boleh diberikan kepada orang lain.

Hal itu untuk meminimalisir adanya penyalahgunaan,” jelasnya.

Pihaknya segera menyosialisasikan gerakan ini kepada masyarakat. Baik melalui pendamping PKH, pendamping BST.

“Melalui media sosial juga. Agar supaya informasi ini segera tersampaikan ke masyarakat,” kata perempuan yang akrab disapa Anis tersebut.

Menurutnya, pendamping bekerja juga dibekali kode etik. Maka jika ditemukan pelanggaran maka akan disanksi sesuai aturan yang ada.

“Sehingga, nantinya diatur kesalahannya seberapa. Kemudian Dinsos akan memberikan surat peringatan (SP), yang ditindaklanjuti dengan laporan ke Kementerian sosial,” paparnya. kj5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *