SMPN 2 Tamanan Buka Kelas Tahfiz, Bupati Bondowoso: Al-Quran Membantu Daya Ingat Siswa

oleh -16 Dilihat

KILASJATIM.COM, BONDOWOSO: SMP Negeri 2 Tamanan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, membuka kelas tahfiz. Sehingga ada kesempatan dan dukungan sekolah bagi siswa yang ingin menghafal Al-Quran.

Kelas tahfiz tersebut diluncurkan oleh Bupati Salwa Arifin pada, Senin (25/3/2022).

Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin mengapresiasi inovasi tersebut. Ia menilai hal itu sebagai langkah positif dalam membentuk karakter siswa di sekolah itu.

Ia memastikan, bahwa tahfiz tersebut tidak akan mengganggu proses belajar mengajar. “Justru daya mengingat siswa akan terbantu dengan menghafal Al-Quran,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Bondowoso, Sugiono Eksantoso mengatakan, program kelas tahfiz tersebut bagian dari literasi mengaji. “Ini akan membangun karakter yang berakhlakul Karimah,” kata dia.

Kepala SMPN 2 Tamanan, Samsul mengaku termotivasi dari program Pemkab terkait literasi mengaji yang sudah berjalan selama ini utamanya untuk lembaga pendidikan.

“Namun kami lebih spesifikkan dengan program kelas tahfiz,” jelas dia.

Menurutnya, satu kelas tahfiz terdiri dari 8 siswa siswi hafiz yang sudah mampu menghafal beberapa juz Al-Quran, mereka yang akan menjadi penggerak untuk kegiatan selanjutnya.

“Nantinya akan ada yang menguji para hafiz ini dan akan dapat sertifikat, nah sertifikat itu bisa dipakai untuk jenjang pendidikan selanjutnya jalur tahfiz,” paparnya.

Menurutnya, kelas tahfiz ini akan berlangsung empat hari dalam seminggu. Yakni satu jam sebelum kelas reguler dimulai akan diawali dengan kelas tahfiz.

“Alhamdulillah ada dukungan dari Pemkab melalui Bagian Kesra, kami akan dibantu tenaga teknisnya mereka sediakan,” katanya. kj5

No More Posts Available.

No more pages to load.