RS PHC Surabaya Buka Layanan   Can-Care Post Care Center, Bantu Pulihkan Rasa Percaya Diri Pasien Pasca Operasi 

oleh -1.657 views

Direktur Utama PT Pelindo Husada Citra dr Agus Akhmadi (dua dari kiri) dan Konsultam Can-Care dr Juliwati Surya (dua dari kanan) usai meresmikan pusat pelayanan Care – Cancer  Post Care Centre di RS PHC Surabaya Rabu (19/02/2020)

KILASJATIM.COM, Surabaya –  Rumah Sakit Primasatya Husada Citra (RS PHC) jl Prapat Kurung, Perak  Surabaya meresmikan pusat pelayanan bagi pasien penderita kanker yang sudah menjalani operasi dengan meresmikan  layanan Can -Care Postcare Centre,  Rabu (19/02/2020)

dr Agus Akhmadi, Direktur Utama PT Pelindo Husada Citra, mengatakan,
pasien penderita kanker yang baru selesai menjalani operasi atau pengangkatan kankernya maka diperlukan pengobatan pasca operasi yakni dukungan keluarga dan orang terdekat  hingga profesional medis untuk memulihkan rasa percaya diri.

“Dukungan terhadap pasien ini sangat penting karena setelah operasi butuh perawatan pasca bedahnya. Berdasar kepentingan pasien itulah maka Rumah Sakit PHC mendirikan pelayanan Can – Care Postcare Centre, selain menghadirkan layanan onkologi, kami berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk pasien dengan kemudahan layanan satu atap. Mulai dari pra perawatan sampai pasca perawatan,” kata dr Agus Akhmadi, disela peresmian Rabuu (19/02
/2020).

Menurutnya, profesional medis bagi pasien pasca bedah atau pasca perawatan kanker tidak kalah penting dengan pra perawatan.Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar 2018 Kementrian Kesehatan prevelensi tumor atau kanker di Indonesia menunjukkan adanya peningkatan signifikan. Dari 1,4 per seribu penduduk pada 2013 menjadi 1,79 per seribu penduduk di 2018.

“Melalui layanan ini, para profesional medis yang sudah berkompeten akan memberikan saran dan informasi gratis. Programnya juga akan disesuaikan dengan kebutuhan pasien,” jelas dr Agus.

Post Care,  menyediakan berbagai layanan dan produk perawatan setelah menjalani operasi mastektomi atau pengangkatan pada pasien kanker payudara.

Pada kesempatan terpisah, Virgie Keen perwakilan Can-Care Indonesia mengatakan, dibukanya post care di RS PHC ini merupakan yang kedua di Surabaya sebelumnya sudah ada Adi Husada Cancer Center  di Rumah Sakit Undaan Wetan.

Virgie Keen perwakilan Can-Care Indonesia, memperagakan produk penunjang pasien kanker payudara pasca operasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri dengan menggunakan payudara buatan

Dipilihnya RS PHC karena tingkat mastektomi di rumah sakit ini juga cukup tinggi. Jumlah pasien penderita kanker payudaraendominasi dan masih tertinggi yang berobat disini.
Banyak pasien dengan kanker payudara yang sudah stadium 2 harus dilakukan mastektomi. Nah setelah pengangkatan itu sangat perlu untuk pasien melakukan rekonstruksi,” tutur Virgie.

Menurutnya, masih banyak pasien pasca mastektomi yang kurang memperhatikan soal rekonstruksi atau perawatan pasca bedah. Padahal
berdampak pada perubahan kondisi fisik si pasien.

“Pasien pasca bedah harus melakukan rekonstruksi atau perawatan setelah mastektomi. Karena dampak mastektomi bisa mengubah postur tubuh,” jelas Virgie seraya menambahkan, perubahan postur tubuh, disebabkan karena pengangkatan saat operasi bedah. Sehingga bisa menjadikan tubuh membungkuk.

“Solusinya pasien harus rekonstruksi atau perawatan di post care.  post care  menyediakan produk penunjang bagi pasien pasca pengobatan kanker ,” ujarnya.

Datang ke post care bagi pasien pasca operasi atau pengobatan selanjutnya juga bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Hal itu karena ada tenaga profesional profesional medis yang bisa menjadi tempat berkonsultasi para pasien.Sekadar informasi, Can-Care Post Care Centre bekerja sama dengan RS PHC Surabaya  untuk mengadakan program CSR ‘Look Good Feel Better’.

Program itu bertujuan untuk mengedukasi kaum wanita untuk mengelola efek samping psikologis yang muncul setelah menjalani kemoterapi dan radioterapi, terlepas dari jenis kanker yang dideritanya.

“Harapan kami adanya Can-Care Post Care Centre di RS PHC mampu lebih melayani pasien.dan  bisa memenuhi kebutuhan serta mengedukasi tmmasyarakat mengenai manfaat post care,” paparnya.

Beberapa produk perawatan pasca bedah yang tersedia di Post Care Center di antaranya prostesis payudara dan bra mastektomi yang sudah dimodifikasi, rambut palsu dan produk perawatan kulit kepala.

Selain itu, pasien juga dapat dengan bebas melakukan fitting dan berkonsultasi karena layanan post care tersebut dibuka untuk semua pasien kanker. (kj2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.