Pemkab Tuban Gelar Kuliner dan Lomba Masak

oleh
Ibu-ibu Dharma Wanita saat menghadiri lomba masak. (Ist)

KILASJATIM.COM, Tuban – Sebagai rangkaian Hari Jadi Ke-726 Kabupaten Tuban, Pemkab Tuban melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga bersama Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tuban  menggelar festival kuliner dan lomba memasak di Alun-alun Tuban, Kamis (14/11).

Acara yang dibuka oleh Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., ini dihadiri oleh anggota Forkopimda, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tuban, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Direktur JTV, Pimpinan OPD dan camat se-Kabupaten Tuban bersama istri, serta organisasi wanita.

Dalam sambutannya, Wabup Tuban menyambut baik penyelenggaraan lomba masak dan festival kuliner yang bertujuan untuk memajukan kegiatan kepariwisataan di Kabupaten Tuban.

“Kepariwisataan Tuban diharapkan terus dikembangkan, terutama di bidang kulinernya,” terang Noor Nahar.

BACA JUGA: Tiga Personel Tagana Tuban Diberangkatkan ke Pulau Sapudi dan Kangean

Lebih lanjut, Wabup dua periode ini menyampaikan bahwa Tuban merupakan kabupaten yang kaya akan wisata, bukan hanya eksotisme alam yang berupa pantai, gua, gunung dan air terjun, melainkan juga memiliki wisata religi yang tidak kalah menariknya.

“Selain wisata-wisata itu, Tuban memiliki banyak kuliner khas yang dapat menarik lebih banyak wisatawan, khususnya kuliner rajungan,” jelasnya.

Wabup berharap output dari kegiatan lomba memasak ini dapat menghasilkan kuliner yang tetap menjaga kultur kedaerahan dan akan menjadi penopang kepariwisataan Kabupaten Tuban.

“Diharapkan pengunjung wisata alam dan religi tidak hanya numpang lewat, melainkan juga dapat menikmati kuliner khas kebanggaan Tuban,” harapnya.

BACA JUGA: Kapolres Tuban Pimpin Pengamanan Pengukuran Lahan Kilang Minyak  

Pada kesempatan yang sama, Drs. Sulistiyadi, MM., menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta dan kreativitas masyarakat dalam menyajikan makanan khas daerah sebagai daya tarik wisata kuliner bagi masyarakat dan wisatawan.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi ajang untuk melestarikan dan mencintai makanan khas daerah,” ungkapnya.

Untuk diketahui, kegiatan Festival Kuliner Tuban diikuti oleh 20 tim dari  Dharma Wanita Persatuan Kecamatan se-Kabupaten Tuban, sedangkan lomba kreasi memasak diikuti oleh 50 tim Dharma Wanita Persatuan dari dinas/badan/kantor/bumn se-Kabupaten Tuban.

Selain festival kuliner ini, berbagai kegiatan telah disiapkan untuk memeriahkan HJT ke-726 tahun ini diantaranya Parade Tongklek, Senam Ayo Ning Tuban, Lomba Mewarnai Ibu dan Anak, Tuban Bersepeda dan Pesta Rakyat. (hms/kj11)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *