Konsisten Peduli Lingkungan, SBI Raih Penghargaan Industri Hijau

oleh

 

Sony Asrul Sani  (General Manager Pabrik Narogong), Reni Wulandari (General Manager Pabrik Tuban),  General Manager Pabrik Lhoknga, Durain Parmanoan, dan Edi Sarwono, General Manager Pabrik Cilacap, berfoto bersama setelah menerima penghargaan dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia di Jakarta Senin (16/12/2019)

 

KILASJATIM.COM, Tuban – Kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat sekitar yang menjadi fokus PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) dalam melaksanakan operasional pabriknya di seluruh Indonesia, mendorong SBI melakukan berbagai upaya untuk mencapai efisiensi penggunaan sumber daya, material, energi dan air untuk menjaga keseimbangan lingkungan dan menerapkan berbagai program yang berkelanjutan.

Komitmen ini mengantarkan SBI pada Penghargaan Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian RI yang ketiga kalinya untuk pabriknya di Tuban, serta sertifikat hijau untuk pabrik di Narogong, Lhoknga
dan Cilacap.

Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang
Kartasasmita, Senin (16/12/2019) dalam acara Penganugerahan Penghargaan Industri Hijau, Rintisan Teknologi Dan Penyerahan Sertifikasi Industri Hijau Tahun 2019, di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta.

Lilik Unggul Raharjo, Direktur Manufacturing SBI menyatakan upaya menjaga keanekaragaman hayati dan kelestarian lingkungan merupakan implementasi dari prinsip industri hijau yang menjadi komitmen PT Solusi Bangun Indonesia Tbk.

“Harapan kami, beragam inisiatif di bidang lingkungan yang kami lakukan dapat turut berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan bagi generasi masa depan,” kata Lilik Unggul Raharjo dalam sambutannya.

Sebagai bagian dari Semen Indonesia Group, fokus SBI pada pelestarian lingkungan terwujud dalam berbagai program unggulan yang secara konsisten dilakukan; seperti pelaksanaan Biodiversity Action Plan (Rencana Aksi Keanekaragaman Hayati) dan penanaman bibit pohon untuk revegetasi di lokasi pabrik dan tambangnya.

Penanaman pohon diutamakan yang memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar dan nilai dukung ekosistem yang baik. Hingga bulan November 2019, lebih dari 100.000 bibit pohon yang berasal dari area pembibitan sendiri maupun area pembibitan dari masyarakat di luar pabrik, telah ditanam di area Pabrik Tuban.

Proses verifikasi dan penilaian penghargaan Industri Hijau sendiri, dilakukan oleh tim  teknisdan Dewan Pertimbangan yang berasal dari unsur pemerintah, perguruan tinggi, lembaga penelitian dan instansi terkait lainnya, berdasarkan kepatuhan terhadap aturan pemerintah terkait lingkungan, perizinan, laporan kegiatan
lingkungan dan pengawasan secara berkala.

Tidak hanya Penghargaan Industri Hijau, kepedulian SBI terhadap lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat juga ditandai dengan diraihnya anugerah PROPER dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Penghargaan Pratama
untuk kategori Perusahaan Pertambangan Mineral dan Batubara dari Kementrian ESDM pada tahun 2018 yang lalu. (kj2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *