Liburan Tahun Baru Sekaligus Healing di 5 Wisata Alam Tersembunyi Kota Malang

oleh -788 Dilihat

KILASJATIM.COM, Malang – Libur Tahun Baru tentu momen indah untuk dihabiskan dengan orang-orang terkasih, termasuk dengan para sahabat.

Nah, kalau kamu memilih kota Malang untuk libur Tahun Baru, ini beberapa wisata alam tersembunyi di Malang yang sekaligus bisa buat healing bersama sahabat.

Malang memang dikenal sebagai kota wisata di Jawa Timur dengan hawanya yang sejuk. Tak heran, jika Malang memiliki cukup banyak wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

Melansir dari berbagai sumber, inilah beberapa wisata alam tersembunyi di Malang yang bisa buat healing bersama sahabat yang bisa kamu datangi, antara lain:

1. Coban Rais

Wisata alam di Malang yang bisa buat healing bersama sahabat pertama adalah Coban Rais. Lokasi Coban Rais sekitar 16 km dari pusat Malang. Air terjun yang memiliki aliran setinggi kurang lebih 20 meter ini dikelilingi oleh perbukitan hijau, sehingga menciptakan pemandangan yang begitu menyejukkan mata.

Lokasinya berada di Jalur Lingkar Barat No 8, Dusun Dresel, Batu. Agar lebih mudah kamu bisa menggunakan aplikasi peta pada smartphone. Asyiknya, di sekitar kawasan Coban Rais kini terdapat beberapa spot menarik untuk berfoto dan menikmati pemandangan sekitar. Di antaranya gardu pandang berbentuk hati, sepeda kayuh di udara, dan hammock warna-warni bisa kamu pilih sebagai spot terbaik.

Tertarik untuk mengunjunginya? Jangan lupa siapkan uang Rp 10.000 sebagai tiket masuk ke kawasan Coban Rais, ya!

2. Wisata Tubing Wringinanom

Wisata alam di Malang yang bisa buat healing bersama sahabat kedua adalah wisata Tubing Wringinanom. Jika pendakian gunung masih kurang menantang, cobalah alternatif wisata lain, seperti tubing atau body rafting.
Sebetulnya, tubing tidak jauh berbeda dari rafting pada umumnya. Hanya saja, tubing menggunakan ban (tub) untuk menopang tubuh kamu seiring derasnya arus sungai.

Baca Juga :  Resep Kolak Pisang Enak untuk Buka Puasa

Tak perlu khawatir tenggelam, karena selama beraktivitas kamu akan dilengkapi pelampung serta helm.
Salah satu lokasi terbaik yang bisa kamu kunjungi untuk melakukan tubing adalah wisata Tubing Wringinanom di Desa Wringinanom, Poncokusumo.

Menariknya, kamu akan melewati arus Sungai Amprong dan Coban Pelangi yang mengalir dari Gunung Semeru. Untuk biaya sewa ban sendiri, kamu akan dikenakan harga yang bervariasi tergantung jumlah dan jarak yang akan ditempuh.

3. Mata Air Sumber Sirah

Wisata alam di Malang yang bisa buat healing bersama sahabat ketiga adalah mata air Sumber Sirah. Di Desa Sumberjaya, Gondanglegi, kamu bisa menemukan wisata alam berupa sumber air tawar yang sangat jernih bernama Mata Air Sumber Sirah.

Saking jernihnya, kamu bahkan dapat melihat ikan-ikan kecil yang berenang di permukaan air dan berbagai tanaman air di dalamnya. Kabarnya, keberadaan tanaman ganggang di sinilah yang membuat mata air semakin jernih.

Tak perlu khawatir jika tak membawa peralatan sendiri karena kamu bisa menyewanya di sekitar area mata air.
Saat snorkeling, jangan lupa bawa kamera anti-air agar bisa mengabadikan berbagai aksi seru kamu di bawah air.

4. Coban Nirwana

Wisata alam di Malang yang bisa buat healing bersama sahabat keempat adalah Coban Nirwana. Dikenal juga dengan nama Coban Mbok Karimah, air terjun ini berada di kawasan Gedangan.
Jika dibandingkan dengan coban lain di Malang, Coban Nirwana memang belum memiliki fasilitas memadai karena belum dikelola resmi oleh Dinas Pariwisata setempat.

Karena itu, sebaiknya kamu membawa beberapa perlengkapan seperti tikar, bekal, ataupun pakaian ganti. Meski begitu, Coban Nirwana cukup layak untuk dikunjungi saat liburan. Airnya bersih dan jernih dengan tebing-tebing bebatuan yang mengelilingi, sehingga menciptakan kesan eksotis.

Baca Juga :  Kasihan, Sehari Dua Mobil Tersesat di Pelor

Jika berminat mengunjunginya, cobalah untuk tetap berhati-hati selama menuju air terjun. Pasalnya, jalur yang tersedia cukup licin dan terjal.

5. Teluk Bidadari

Wisata alam di Malang yang bisa buat healing bersama sahabat selanjutnya adalah Teluk Bidadari. Saat berada di Pantai Mbehi, sempatkan juga untuk mampir ke Teluk Bidadari.

Untuk mencapai tempat ini, kamu perlu melakukan trekking dari Pantai Mbehi selama kurang lebih 30–40 menit ke bukit bagian timur.

Karena memakan waktu perjalanan yang cukup lama, sebaiknya kamu membawa bekal air mineral agar tetap berstamina sampai tujuan. Itulah beberapa wisata alam di Malang yang bisa buat healing bareng sahabat yang tersembunyi yang bisa kamu datangi. (bbs/yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.