Kemkominfo Pastikan Infrastruktur Telekomunikasi Lancar di KTT AIS Forum 2023

oleh -606 Dilihat

Foto: Ist/Humas Pemerintah

KILASJATIM.COM, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memastikan infrastruktur telekomunikasi pada penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Negara-Negara Pulau dan Kepulauan (Archipelagic and Island States/AIS Forum) yang diselenggarakan di Bali pada 10 – 11 Oktober 2023, memadai dan lancar.

“Bisa kita pastikan jaringan telekomunikasi selama penyelenggaraan KTT AIS Forum ini lancar, baik untuk keperluan delegasi maupun untuk keperluan media,” ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Usman Kansong, Selasa (3/10/2023) di Jakarta.

Kemkominfo dikatakan Usman bekerja sama dengan Telkom untuk memastikan kelancaran akses telekomunikasi selama ajang tersebut berlangsung.

Berbagai langkah mitigasi pun, kata dia, telah disiapkan untuk mengantisipasi kendala yang mungkin terjadi, termasuk jika terjadi gangguan atau putusnya jaringan maupun jamming komunikasi.

Usman juga menegaskan jika dukungan yang diberikan oleh Telkom tersebut selalu dipantau oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) untuk memastikan kualitas layanan telekomunikasi tetap terjaga selama kegiatan berlangsung.

“Telkom itu di supervisi oleh Direktorat Jenderal SDPPI, jadi dikawal terus lewat balai-balai monitoringnya,” kata dia.

Sementara untuk hal keamanan jaringan, Usman menyebut bahwa pihaknya melibatkan Pusat Data dan Sarana Informatika (PDSI) Kemkominfo serta mendapatkan dukungan dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

“Jadi itu yang kita lakukan dan menjadi standar kita di setiap penyelenggaraan ajang-ajang internasional pasti melibatkan PDSI dan BSSN untuk keamanan sibernya. Jadi ini standarnya sama dengan penyelenggaraan ajang G20 atau KTT ASEAN yang lalu,” ucapnya.

Media Center

Pada kesempatan tersebut Usman juga mengungkapkan Media Center, yang akan menjadi pusat kerja dan kegiatan awak media peliput KTT AIS Forum persiapannya terus dirampungkan. Saat ini, sarana tersebut telah memasuki tahap persiapan teknis, seperti penyelesaian infrastruktur dan distribusi barang-barang pendukung yang diperlukan.

Baca Juga :  World Water Forum Bentuk Kemitraan Konservasi Air Global

“Jadi sesuai rencana tanggal 5 Oktober kita mulai loading dan kita siapkan infrastrukturnya, kemudian kita harapkan tanggal 8 Oktober itu sudah siap,” ujar Usman.

Dijadwalkan Media Center ini akan resmi beroperasi pada 9 hingga 14 Oktober 2023. Berbagai fasilitas yang akan disiapkan untuk menunjang kinerja para jurnalis peliput, antara lain unit komputer, akses internet, stand up position untuk stasiun TV, ruang medis, ruang konferensi pers, media lounge, pusat informasi, layar besar, hingga shuttle bus selama acara berlangsung.

Media Center juga menyiapkan dan mendistribusikan siaran pers dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris), foto dan video, press briefing, dan berbagai materi yang dibutuhkan oleh para jurnalis peliput.

Hingga Minggu (1/10/2023) tercatat lebih dari 100 jurnalis baik lokal, nasional, dan asing telah mendaftar diri untuk meliput kegiatan KTT AIS Forum 2023.

Registrasi media telah dibuka dan akan ditutup pada 5 Oktober 2023. Registrasi media bisa dilakukan melalui laman http://media-registration.aisforum2023.id
KTT AIS Forum 2023 akan digelar pada 10-11 Oktober 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) 1 dan 2, Bali. Adapun Media Center berada di Tanjung Benoa Hall lantai 3, BNDCC 2.

Event internasional ini mengusung tema utama “Membina Kolaborasi, Memajukan Inovasi untuk Laut dan Masa Depan Bersama” (Fostering Collaboration, Enabling Innovation for Our Ocean and Our Future). Sementara tiga subtema dari forum tersebut yakni Blue Economy; Our Ocean, Our Future; Solidarity. (rie)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.