Jelang Natal, Yuk Berkunjung ke 5 Wisata Rohani Umat Kristen dan Katolik di Jatim Ini

oleh -961 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Sebentar lagi Natal. Jelang perayaan Natal, berlibur mengunjungi tempat religi menjadi pilihan yang tepat.

Mengunjungi gereja bersejarah adalah salah satu opsi yang bisa dipilih bagi umat Kristiani dan Katolik di momen Natal.

Bagi warga Jawa Timur yang merayakan libur Natal, terdapat beberapa tempat di wilayah Jatim yang bisa dikunjungi.

Nah, berikut 5 rekomendasi tempat wisata rohani bagi umat Kristen dan Katolik di Jawa Timur.

1. Gereja Katolik Kelahiran Santa Maria

Gereja ini merupakan gereja Katolik pertama yang berlokasi di Jalan Kepanjen, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Sejak diresmikan pada tahun 1900, gereja ini menjadi pusat peribadatan Katolik tertua di Kota Pahlawan.

Bangunan Gereja Katolik Kelahiran Santa Maria atau dikenal dengan sebutan Gereja Katolik Kepanjen memiliki gaya arsitektur kuno yang menarik.

2. Gua Maria Sendangrejo

Berlokasi di Kelurahan Ngadirejo, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur, gua ini menjadi salah satu tempat wisata yang dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai agama.

Pada bulan-bulan tertentu seperti bulan Maria (Mei), bulan Rosario (Oktober), dan bulan Natal (Desember) gua ini sangat diramai dikunjungi.

Dilengkapi beberapa fasilitas seperti pendopo untuk pemberkatan, jalan Salib yang berisikan replika perjalanan Yesus saat disalib dan terdapat sumber air yang diyakini dapat membantu dalam menyembuhkan penyakit.

3. Desa Peniwen

Gereja ini merupakan gereja utama dari agama Kristen yang berlokasi di Desa Peniwen, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Asal usul nama Peniwen diambil dari kata “Peni” yakni singkatan dari kata nyimpen atau tempat menyimpan dan “Wen” singkatan dari kata deduwen atau kepemilikan barang/benda.

Mayoritas penduduk Desa Peniwen ini memeluk agama Kristen serta sebagian besar bekerja sebagai petani dan peternak.

Baca Juga :  Capaian Vaksinasi Covid-19 Dosis Keempat Jatim Tertinggi di Indonesia

4. Gereja Merah

Berlokasi di Jalan KDP Slamet No. 43, Bandan Lor, Mojorot, Kediri, Jawa Timur, gereja ini menyimpan kitab injil kuno tahun 1867.

Tak hanya itu bangunan ini memiliki sejarah berupa peninggalan pemerintahan Hindia Belanda yang terlihat dari arsitektur bangunan Eropa.

Dijuluki gereja merah karena tampak depan gedung ini memiliki warna merah. Nama asli dari gereja ini adalah Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel.

5. Gua Maria Lourdes

Gua ini merupakan tempat ziarah agama Katolik yang berlokasi di Desa Pohsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Gua Maria Lourdes merupakan replika dari gua yang berada di Lourdes Perancing. Disini terdapat patung Bunda Maria setinggi 4 meter dan 12 pancuran air yang sangat unik.

Air tersebut di percaya memiliki khasiat untuk pengobatan dan kesehatan. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang datang untuk mengharapkan berkah air tersebut. (bbs/yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.