ITS Raih Lima Gelar Juara di Ajang KRI 2023

oleh -1614 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) masih terus menunjukkan keunggulannya di dunia robotika. Lima gelar juara berhasil diamankan oleh Tim Robotika ITS setelah bertarung pada  ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional di Universitas Semarang (USM) yang berakhir, Minggu (25/6) malam.

Pada kontes robot tahunan ini, tim ITS berhasil unggul di lima kategori perlombaan dari tujuh kategori yang diikuti. Antara lain menyabet juara II di Kontes Robot Sepak Bola Indonesia
(KRSBI) Humanoid, juara III di KRSBI Beroda, serta tiga juara harapan di Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), dan Kontes Robot Bawah Air
Indonesia.

Adapun rangkaian final KRI 2023 diawali oleh divisi KRSBI Beroda, di mana tim ITS diwakili oleh tim robot IRIS. Tak tanggung-tanggung, Tim IRIS berhasil menyingkirkan 21 tim dari universitas lain hingga akhirnya berhasil menyandang juara III. Meskipun kalah di semifinal, robot-robot Tim Iris berhasil dianugerahi sebagai tim dengan Strategi Terbaik di kategorinya.

Masih satu jenis kategori tetapi berbeda bentuk, tim Ichiro hadir mewakili ITS di KRSBI Humanoid. Bersama empat robotnya Hiro, Tomo, Miru, dan Siber, Tim Ichiro berhasil mendapatkan gelar juara II.

“Lawan sepertinya sudah semakin kuat dan memiliki strategi yang bagus juga,” aku Nathanael Adrien Yohanta dari Tim Ichiro mengenai pertandingan finalnya.

Karena kecerdasannya dalam menanggapi masalah yang ada di lapangan, Tim Ichiro juga berhasil menerima penghargaan untuk Technical Challenge Award. Pada kategori ini, robot-robot tim dilepaskan di lapangan selama lima menit pertandingan dan mencetak gol sebanyak-banyaknya.

Sementara itu, Tim Rival yang bertarung di kategori KRTMI harus berpuas diri sebagai juara harapan, setelah tumbang pada babak semifinal. Meski demikian, Tim Rival telah memberikan persaingan yang sengit kepada lawan. Sebab pada ronde awal, Tim Rival sempat mampu
memenangkan pertandingan.

Baca Juga :  Viral Video Pengemudi Pajero Berdebat dengan PJR dan Ngaku Diminta Uang Tilang di Tol Gresik, Ini Penjelasan Polda Jatim

Selanjutnya adalah kategori KRAI, ITS turun dengan robot Risen. Meskipun terdapat banyak halangan teknis, Tim Risen tetap gigih berhasil mengamankan gelar juara harapan. Sementara, meskipun tidak juara di Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Tim Vi-Rose dengan robotnya Nina dan Zifa berhasil mendapatkan gelar Desain dan Artistik Terbaik.

Kedua robot tari tersebut mengenakan pakaian adat untuk tarian Gambang Semarang. Tim Vi-Rose ITS mendesain pakaian robot ini dengan baju biru dikombinasikan rok batik yang disesuaikan ukuran robot mereka. Selain itu, juga ditambahkan kain coklat sehingga robot Vi-Rose tampak seperti penari sesungguhnya.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di ajang KRI 2023 ini juga dilombakan kategori Kontes Robot Bawah Air Indonesia. Di kategori yang baru kali pertama ada ini, ITS diwakili oleh Tim
Banyubramanta yang berhasil meraih juara harapan. Robot Naru karya Tim Banyubramanta menunjukkan kelihaiannya melewati rintangan di permukaan air.

Dengan inovasi robot yang ditunjukkan tersebut, Tim Banyubramanta ITS juga berhasil mendapatkan penghargaan
Underwater Robot Pioneer Award. Koordinator Pembina Tim Robotika ITS Muhtadin ST MT meyakini bahwa Tim ITS telah memberikan usaha yang terbaik. Meskipun tidak dapat mempertahankan juara umum, Muhtadin tetap memberikan semangat dan masukan pada para tim terhadap performanya maupun robotnya.

“Mereka sudah melakukan apapun yang mereka bisa, sebagai pembimbing saya hanya bisa memberikan saran dan meyakinkan mereka agar bisa menjadi lebih baik ke depannya,” tutur dosen Departemen Teknik Komputer ini.

Dengan keberhasilan peraihan beberapa juara di KRI 2023, membuktikan mahasiswa ITS masih terampil dalam menciptakan robot yang canggih. Direktur Kemahasiswaaan ITS Dr Imam Abadi ST MT yang turut menyaksikan pertandingan menyampaikan kebanggaannya terhadap Tim Robotika ITS.

Baca Juga :  Dekranas Bantu Sembako Pelaku UKM

“Saya bangga karena mahasiswa ITS mampu terus mengembangkan bakat mereka di dunia robotik ini,” ungkapnya. (bkj)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.