Gelar Rakor Forkopimda, Wali Kota Madiun Imbau OPD Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana

oleh -922 views
Forkopimda Kota Madiun bersama jajaran terkait, relawan, serta unsur masyarakat menggelar rakor, Rabu (29/1).

KILASJATIM.COM, Madiun – Dalam rangka meningkatkan sinergitas antar forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kota Madiun bersama jajaran terkait, relawan, serta unsur masyarakat dalam upayanya untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana alam, Pemkot Madiun menggelar rapat koordinasi (rakor), Rabu (29/1).

Bertempat di rumah makan Sentani, berbagai pembahasan dan upaya terkait penanggulangan bencana alam dibahas. Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Madiun, Maidi mengatakan giat tersebut dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana hidrometeorologi.

“Dalam rakor ini, yang harus diantisipasi dan dihadapi adalah bencana alam. Bagaimana menanggulanginya, tatkala curah hujan turun deras di Februari mendatang. Saya mengimbau ke BPBD untuk 24 jam tanggung jawab. Dimana hujan turun, BPBD standby di tempat rawan genangan dan air yang tersumbat,” jelasnya.

BACA JUGA: Wali Kota Madiun Imbau Warga Berpartisipasi Dalam Pembangunan  

Tak hanya itu, wali kota juga menegaskan sumbatan-sumbatan akibat sampah juga harus dapat terdeteksi sejak dini. Dibantu dengan relawan dan OPD terkait, seluruh elemen masyarakat harus bahu membahu mewujudkan Kota Madiun menjadi kota yang bersih agar terhindar dari bencana alam seperti banjir.

“Beberapa lokasi rawan harus segera diantisipasi. Kesiapsiagaan harus ditingkatkan 24 jam. Kelompok tani yang sawahnya sejak tahun lalu kalau hujan tergenang, segera lapor untuk diatasi bersama,” imbuhnya.

Melalui rakor ini, wali kota berharap agar kedepan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap ancaman bencana ini tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja.

Namun, kata dia, masyarakat harus turut serta menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. Serta, wali kota juga menegaskan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. (diskominfo/kj26)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.