Telkom Surabaya Lakukan Pendampingan Masyarakat Ekonomi IT Industri Kreatif Rumah Tangga

oleh -74 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya –IT Telkom Surabaya menggandeng Kampung Oase sebagai mitra dalam melakukan pendampingan pemasaran produk industri kreatif rumah tangga.

Digawangi oleh tiga dosen ITTelkom Surabaya Rizky Fenaldo Maulana, S.Kom., M.Kom. (Prodi Informatika) Riza Akhsani Setyo Prayoga, S.Kom., M.MT (prodi Bisnis Digital) Kharisma Monika Dian Pertiwi, S.Kom., M.Kom (prodi informatika) dan tiga mahasiswa Taufiqur Rahman (prodi Bisnis Digital), Elma Saskia Mawardi (Prodi Informatika), Daniel Dabra Pasongli (Prodi Informatika), pengembangan kampung edukatif ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat yang diselenggarakan selama 6 bulan.

Rizky Fenalfo Maulana, Ketua Pelaksana Kegiatan, mengatakan
melihat Kampung Oase Ondomohen ini unggul dalam bidang ketahanan pangan serta wahana edukatif dimana mereka bisa memproduksi sayuran serta ternak secara mandiri sehingga bisa menjadi pemasukan bagi warga sekitar.

“Dengan memanfaatkan website diharapkan mampu mengenalkan kampung Ondomohen ini ke khalayak umum sehingga bisa mendatangkan banyak pengunjung dan bisa mewadahi produk mereka seperti sayuran maupun ternak mereka untuk dijual melalui website tersebut,” ujar Rizky Fenalfo Maulana.

Rizky Fenaldo berharap jika kegiatannya dapat berkontribusi terhadap masyarakat.

“Sebagai akademisi kami tidak hanya belajar di kampus, di dalam kelas. Tapi kami juga harus terjun langsung di tengah masyarakat agar mengetahui permasalahan nyata yang dihadapi masyarakat. Dari permasalahan tersebut, kami coba mencari solusi bersama-sama,” tukasnya.

Kampung Oase Ondomohen yang terletak di Jalan Ondomohen Magersari V Surabaya memiliki banyak produk dari industri rumah tangga. Produk-produknya antara lain sayuran organik, lele, nila, souvenir dan yang paling menjadi ciri khas adalah Wedang Pokak. Ditangan para dosen dan mahasiswa IT Telkom Surabaya, produk-produk tersebut didesain menjadi lebih menarik.

Adi Candra S.Si., M.Si, pembina industri kreatif kampung ondomohen menyatakan di kampungnya tersebut banyak potensi-potensi yang perlu digali di masyarakat.

“Dengan adanya pendampingan IT kami berharap bisa memberdayakan masyarakat dan memfasilitasi agar menghasilkan karya dan sekaligus membuk pasar untuk yang dihasilkan,” pungkasnya. (kj2)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.