Kolaborasi Cargill dan petani lokal dalam pemantauan konservasi 10,000 pohon di Hutan Desa

oleh -581 Dilihat

KILASJATIM.COM, Pasuruan – PT Sorini Agro Asia Corporindo, anak perusahaan Cargill, bersama dengan 30 petani hutan dan lebih dari 35 karyawan, mengadakan kegiatan pendataan dan verifikasi kondisi tanaman serta tutupan hutan di Hutan Desa Dayurejo Blok Curah Tangkil, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Bumi. Hutan Desa Dayurejo merupakan bagian dari Gunung Arjuna.

Pendataan dilakukan sebagai bagian dari kegiatan pemantauan dan evaluasi dari program konservasi yang sebelumnya dilaksanakan oleh Cargill di Gunung Arjuna, Pasuruan. Program tersebut melibatkan penanaman 10.000 pohon selama periode 2022-2023 di lahan seluas 16 hektar. Pendataan menggunakan aplikasi digital Bumi Baik untuk mengevaluasi jenis pohon, perkembangan, dan sebaran pohon yang ditanam dengan menggunakan geotag.

Cargill berkomitmen untuk mendukung ketersediaan akses masyarakat terhadap air bersih. Gunung Arjuna merupakan daerah resapan air kritis untuk wilayah Pasuruan. Sejak 2014 hingga Desember 2023, Cargill telah menanam 71.500 pohon dari 15 spesies tanaman di lahan seluas 201 hektar di Gunung Arjuna. Direktur PT Sorini Agro Asia Corporindo, Fanny Hosea, menyatakan keberhasilan kegiatan ini dalam memulihkan fungsi 5 mata air di wilayah tersebut.

Selain itu, ia juga menyampaikan harapannya agar program konservasi antara Cargill dan masyarakat setempat dapat mengembalikan fungsi lebih banyak mata air untuk mendukung aksesibilitas masyarakat terhadap air bersih. Kegiatan ini didukung oleh Yayasan Cempaka, Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan, Lembaga Pengelola Hutan Desa Loka Jaya Binangun, cabang Dinas Kehutanan Lumajang Provinsi Jawa Timur, serta Pemerintah Desa Dayurejo. Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan, Bapak Yudha Triwidaya Sasongko, mengapresiasi keterlibatan berbagai pihak dalam menjaga dan merawat bumi.

Baca Juga :  PT BSI Berhasil Kelola Lingkungan dan Merawat Kehidupan, Bentuk Tanggung Jawab Berkelanjutan

Cargill, yang memiliki fasilitas produksi di Pandaan sejak tahun 2011, memproduksi pati jagung dan pemanis untuk bahan baku industri makanan, minuman, dan produk perawatan pribadi atas nama PT Sorini Agro Asia Corporindo. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.