Siap Jadi Global Socioleader Lewat Karya Kampung Susun Adaptif

oleh -241 Dilihat

KILASJATIM.COM, SURABAYA – Elizabeth Tjandra adalah salah satu mahasiswa Petra Christian University (PCU) yang tahun 2024 ini menjadi salah satu wisudawan diantara 547 wisudawan pada Rapat Terbuka Senat dalam rangka Wisuda ke 85 PCU, yang mampu menghasilkan karya menarik, dan memiliki pencapaian akademis sangat baik, sekaligus siap menjadi global socioleader.

Sebelum lulus, Elizabeth Tjandra yang merupakan wisudawan dari program studi  Architecture PCU ini berhasil membuat karya tugas akhir yang menarik, berjudul: Kampung Susun Adaptif di Ngagel, Surabaya. Penelitiannya bermula dari fenomena pertumbuhan populasi penduduk di Surabaya yang pesat, apalagi di kawasan Ngagel. Sehingga menurut alumni SMA Kristen Petra 2 Manyar Surabaya itu, dibutuhkan sebuah fasilitas tempat tinggal untuk menampung penduduk yang semakin banyak.

Dalam proses pengembangan konsep desainnya, Elizabeth berkesempatan untuk berkolaborasi bersama mahasiswa Silpakorn University, Thailand. “Kampung Susun Adaptif ini merupakan desain perancangan dengan menerapkan beberapa aspek vital dari kehidupan kampung, sehingga penduduk yang pindah dari kampung horizontal ke vertikal dapat cepat beradaptasi dalam aktivitas mereka,” terang Elizabeth.

Desain perancangannya itu ia wujudkan  menjadi sebuah maket berukuran 20 x 15 cm, atau dalam skala 1:400. Melalui pendekatan tersebut, perempuan yang kini sedang menempuh studi lanjut (S2) di Master’s of Architecture PCU ini, meyakini bahwa Kampung Susun Adaptif yang ia buat tak hanya memberi solusi perumahan yang efisien, tapi juga mempertahankan warisan budaya dan tradisi dari Kampung Ngagel sendiri.

“Saya ingin menjadi arsitek yang membuka biro sendiri, dengan fokus ke bidang efisiensi energi dan arsitektur hijau,” ujar wisudawan yang juga memperoleh penghargaan sebagai lulusan Aktif Berprestasi ini.

Baca Juga :  Persoalan Pengangguran di Indonesia, Lulusan Teknik Mesin Mampu Menjawab

Digelar selama dua hari pada 1-2 Maret 2024 di Auditorium Gedung Q kampus PCU. Wisuda ke 85 ini diikuti 547 wisudawan. “Puji syukur kepada Tuhan, khususnya untuk para wisudawan, yang berhasil menyelesaikan masa studinya di PCU dengan amat baik. Only by His grace! Soli Deo Gloria,” ujar Rektor PCU (Petra Christian University), Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., saat melepas 547 wisudawan, pada Rapat Terbuka Senat dalam rangka Wisuda ke 85 tahun 2024.(tok)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News