Wisuda ke 128 Untag Surabaya, Rektor Ingatkan Kontribusi Terbaik Untuk Indonesia

oleh -229 Dilihat

KILASJATIM.COM, SURABAYA – Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, M.M., CMA., CPA., Rektor Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya dihadapan para wisudawan mengingatkan peran penting sebagai patriot Merah Putih yang memberikan kontribusi terbaik bagi Indonesia melalui keilmuan. Untag Surabaya, Sabtu (2/3/2024)  menggelar Wisuda ke 128 diikuti 1.209 wisudawan, dengan tema: Untukmu Indonesiaku.

Sejalan dengan tema tersebut, Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, M.M., CMA., CPA secara resmi mengukuhkan dan menyampaikan rasa bangga kepada para wisudawan atas berhasilnya menyelesaikan studi di Kampus Merah Putih. “Sesuai dengan tema wisuda ini, dengan bangga Untag Surabaya melepas wisudawan untuk menjadi asset negara yang mampu berkontribusi untuk Indonesia yang didasarkan pada tujuan NKRI. Yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mencetak patriot Merah Putih yang mampu memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa Indonesia melalui keilmuan masing-masing,” terang Prof. Nugroho.

Prof. Nugroho menyampaikan banyak capaian Untag Surabaya yang telah diraih pada awal tahun 2024. Diantaranya adalah capaian peringkat akreditasi Unggul untuk tiga prodi, yaitu Prodi Arsitektur, Administrasi Negara dan Administrasi Niaga. Dengan ini, total ada 9 prodi S1 yang terakreditasi Unggul. “Selain itu, pada tahun ini juga bersiap menapaki kancah persaingan internasional dengan melakukan sertifikasi AUN-QA alias Asean University Network-Quality Assurance yang merupakan sertifikasi tingkat Asean. Semoga hal ini merupakan awal yang baik untuk memajukan dan mengembangkan Untag Surabaya di level internasional,” sambung Prof. Nugroho.

Komitmen Untag Surabaya meningkatkan kualitas lulusan diwujudkan dengan kontribusi serapan alumni tahun 2023 ke industri mencapai 95%. Berdasarkan Data Tracer Study Untag Surabaya pada 2023 sebanyak 2.370 lulusan, 95,6% lulusan sudah langsung bekerja setelah lulus. Dengan data tersebut, sebanyak 54,9% lulusan bekerja sangat sesuai dengan prodi yang dipilih.

Baca Juga :  Aplikasi Baksara Lolos Top 20 Project Program Bangkit 2023

Prestasi membanggakan pada wisuda ke 128 ini diraih oleh 17 wisudawan peraih IPK terbaik dan tiga mahasiswa peraih karya menarik. Salah satu wisudawan tersebut adalah Ahmad Atsnal Fikri yang berhasil membuat karya menarik berjudul: Model Prediksi Cuaca dengan Analisis Time Series Menggunakan Algoritma Artificial Neural Network (ANN) dari Prodi Teknik Informatika dan Ricky Alejandro Martin dengan meraih IPK 3,99 dari Prodi Psikologi Profesi.

Momen haru sekaligus bahagia mewarnai prosesi wisuda ke 128 Untag Surabaya, manakala tampil seorang Ibu dengan membawa foto sang putra ke atas podium. Adalah Tumini yang merupakan Ibu kandung dari Rendi Dwi Hermawan mahasiswa Teknik Informatika yang meninggal dunia karena sakit, sebelum mengikuti wisuda tahun 2024 ini. “Ini tangisan kebahagiaan. Bukan tangis sedih. Karena anak saya sudah berhasil mengikuti wisuda, ” ucap Tumini sembari memeluk erat foto Rendi Dwi Hermawan, dihadapan awak media yang menemuinya.

Wisuda ke 128 Untag Surabaya, Sabtu (2/3/2024) diikuti 1.209 wisudawan yang terdiri dari 1.003 Wisudawan Sarjana Strata 1 dari 16 Program Studi, 125 wisudawan Strata 2 dari 6 Program Studi, 32 Wisudawan dengan Gelar Psikologi Profesi, dan 49 Wisudawan Doktor Strata 3 dari 3 Program Studi. Prosesi wisuda secara tatap muka ini digelar di lapangan timur Untag Surabaya.(tok)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News