Pasca Gempa Beruntun, PLN UIT JBM Pastikan Sistem Kelistrikan Jawa Timur Tetap Andal

oleh -495 Dilihat

KILASJATIM.COM, Sidoarjo – Pasca gempa beruntun pada Jumat (22/3), PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali terus memastikan getaran yang ditimbulkan sebanyak 41 kali berdasar catatan BMKG (Badan Meteorologi , Klimatologi dan Geofisika) tidak menimbulkan dampak pada fungsi peralatan pada sistem transmisi.

Disebutkan General Manager PLN UIT JBM, Amiruddin, pemantauan intensif terus dilakukan oleh petugas di seluruh lokasi wilayah kerja.

 “Petugas disiagakan untuk intensif melakukan inspeksi level 1 dan 2 pada GI (gardu induk) dan jaringan di lokasinya masing-masing, mendeteksi dengan seksama anomali yang mungkin terjadi pasca getaran gempa yang beruntun, termasuk mewaspadai adanya gempa susulan yang masih mungkin terjadi”, terang Amiruddin.

Amiruddin juga menerangkan, deteksi dilakukan petugas dengan sangat detail. Petugas memastikan apakah ada perbedaan kondisi dari sebelumnya, mendeteksi alarm apakah masih berfungsi baik, mengecek tidak ada kebocoran oil dan gas, juga tingkat kemiringan dan kondisi pondasi peralatan. Selain itu juga memastikan tidak adanya hotspot pada peralatan, termasuk petugas dapat lebih mengoptimalkan panca indera dalam menjaga seluruh peralatan.

Selain itu, langkah preventif terus dilakukan PLN UIT JBM untuk memastikan infrastruktur kelistrikan tetap aman dari potensi yang dapat menjadi penyebab terganggunya penyaluran listrik kepada pelanggan, dengan rutin menjalankan grebek right of way (ROW), sapu bersih layang-layang yang diterbangkan dekat dengan jaringan transmisi, dan mengoptimalisasikan pasukan PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan).

Lebih lanjut, diungkapkan Amiruddin, hingga Senin (25/3), seluruh lokasi wilayah kerja mulai dari jaringan dan GI dalam kondisi yang aman.

 “Laporan yang kami monitor sejak Jumat hingga pagi ini, sistem transmisi dalam kondisi aman. Ada beberapa yang terindikasi karena dekat dengan lokasi gempa, tapi tidak menunjukkan hal yang serius dan sudah kembali normal. Kondisi peralatan juga berfungsi optimal. Petugas selalu dalam kondisi siaga, untuk memastikan sistem transmisi tetap andal dan sistem kelistrikan di Jawa Timur aman”, pungkas Amiruddin. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Baca Juga :  Amankan Pasokan Pupuk, PG Perpanjang HOA Bersama KrisEnergy

No More Posts Available.

No more pages to load.