Komisi D Minta RSUD dr M Soewandhie Masifkan Sosialisasi dan Optimalkan Layanan Oncology Center

oleh -566 Dilihat
Istimewa

KILASJATIM.COM, Surabaya: Khusnul Khotimah, Ketua Komisi D DPRD Surabaya dalam kunjungannya ke RSUD dr Mohamad Soewandhie, memberikan apresiasi kepada Pemkot Surabaya yang baru saja meresmikan layanan Oncology Center dan Gedung Graha Adyatma.

Dengan mulai dibukanya layanan Oncology Center ini, Khusnul meminta RSUD dr M Soewandhie untuk memasifkan sosialisasi kepada masyarakat. Juga, Layanan baru ini, merupakan komitmen pemkot dalam meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya penanganan penderita kanker.

Sebab, masyarakat kini tidak perlu ke mana-mana apalagi sampai ke luar negeri untuk berobat kanker. Cukup di RSUD dr M Soewandhie.

“Oncology Center ini sebagai ikhtiar untuk meningkatkan pelayanan bagi para pasien, terutama penderita kanker di Surabaya. Sebab penderita kanker di Surabaya mencapai ribuan orang. Seperti kanker payudara saja saat ini penderitanya mencapai 1.677 orang,” jelas Khusnul, Jumat, 17 November 2023.

Khusnul meminta, penderita kanker tidak perlu berobat ke luar negeri. Lantaran di Oncology Center RSUD dr M Soewandhie pelayanannya sudah sangat lengkap. Di sana terdapat tiga alat canggih untuk menunjang kebutuhan medisnya.

Ketiga alat tersebut yakni, pertama; LINAC Varian Truebeam. Alat dengan sinar-x energi tinggi dan elektron ini dapat membunuh target kanker sebagai radiasi eksterna.

Kedua merupakan Brakhiterapi Bebig Saginova. Alat ini dilengkapi sumber radioaktif Cobalt-60 yang dapat membunuh target kanker dari jarak dekat.

Sedangkan alat ketiga adalah CT Simulator, yang digunakan mensimulasikan posisi penyinaran dan citra pasien untuk treatment radiasi.

“Kita sangat bersyukur, sekarang masyarakat di Kota Surabaya akan semakin mudah dalam mengakses informasi, melakukan skrining kanker, hingga pelayanan pengobatan bagi penderita kanker,” tambahnya.

Agar layanan di Oncology Center ini bisa dinikmati semua lapisan masyarakat, politisi PDI Perjuangan Surabaya ini meminta manajemen RSUD dr M Soewandhie untuk segera menyelesaikan proses kerja sama dengan BPJS Kesehatan, supaya pasien yang menggunakan jaminan kesehatan BPJS Kesehatan bisa berobat.

“Pihak manajemen RSUD dr Soewandhie menargetkan Desember 2023 layanan di Oncology Center sudah bisa digunakan oleh pasien BPJS. Semoga target itu bisa terealisasi tepat waktu. Bahkan kalau perlu bisa dipercepat. Makanya MoU bisa segera dituntaskan,” ungkapnya. (ADV/den)

No More Posts Available.

No more pages to load.