Performa Timnas Sepakbola Meningkat, Penjualan Jersey Melesat

oleh -1050 Dilihat
Foto: www.pssi.org
Foto: www.pssi.org

Oleh : Kanda Diendtara Karya
Public Relation salah satu BUMD Jawa Timur

Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia sedang dimanjakan performa ciamik Timnas Sepakbola Indonesia yang mengalami peningkatan signifikan, baik di level senior maupun di level U-23. Setelah beberapa bulan yang lalu dihibur dengan penampilan epik Timnas senior di Kualifikasi Piala Dunia 2026, kini Timnas Indonesia kembali menunjukkan performa yang apik sepanjang perhelatan Piala AFC U-23 yang sedang berlangsung di Qatar saat ini.

Memulai pertandingan pertama dengan harus mengakui keunggulan tuan rumah Qatar 0-2, Timnas Indonesia U-23 langsung tancap gas di dua pertandingan berikutnya dengan mengalahkan Australia dengan skor tipis 1-0 dan membungkam perlawanan Yordania dengan skor telak 4-1. Marselino Ferdinan dan Komang Teguh menjadi aktor penting saat ini dengan masing-masing mencetak 2 gol selama babak penyisihan grup. Kemenangan dua pertandingan terakhir di Grup A tersebut membuat posisi Indonesia kokoh sebagai runner-up grup dibawah Qatar dan mengantarkan Timnas Indonesia U-23 untuk pertama kalinya dalam sejarah melaju ke babak 8 besar piala AFC U-23.

Beberapa warganet berpendapat bahwa performa yang apik tersebut tidak lepas dari apparel jersey terbaru Timnas yang baru saja diluncurkan pada bulan maret lalu. Dilansir dari okezone.com (03/04/24) dan terlepas dengan kritikan terhadap apparel resmi Timnas Indonesia yang baru, Anggota Eksekutif PSSI Arya Sinulingga pernah mengatakan bahwa apparel terbaru timnas Indonesia ini memiliki faktor keberuntungan yang tinggi, dibuktikan dengan kemenangan Timnas Indonesia senior saat melawan Vietnam di dua laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sejak diluncurkan pada 18 maret 2024, jersey terbaru Timnas Indonesia ramai dikritik oleh warganet. Mulai dari segi desain, penggunaan material logo, hingga harga jersey yang dinilai terlalu mahal. Lantas bagaimana penjualannya hingga saat ini?

Baca Juga :  Udinese vs Juventus: Bianconeri Menang 1-0

Marshal Masita selaku Managing Director PT Garuda Sepakbola Indonesia (GSI), pengelola seluruh asset bisnis PSSI, mengklaim jersey baru Timnas Indonesia tetap laku di pasaran. Dilansir dari wawancara detiksport baru baru ini, saat ini penjualan masih terus berjalan dan ternyata laku banget. Meskipun desainnya masih dalam perdebatan, fakta di lapangan permintaan masyarakat terhadap jersey baru ini cukup signifikan.

Penasaran dengan penjualannya, Penulis mencoba mengulik penjualan Erspo Official Store pada marketplace hingga tanggal 23 April 2024. Dilansir dari penjualan online marketplace Tokopedia dan Shoope, penjualan merchandise dan jersey timnas Indonesia cukup melesat. Dari 24 produk yang ditawarkan, saat ini telah terjual kurang lebih masing-masing sebanyak 344 dan 717 item, sehingga total penjualan dari marketplace yang ada sebesar kurang lebih 1.061 item. Total penjualan ini belum termasuk ofline store yang tersebar di Indonesia.

Terlepas dari kritik, polemik serta bagaimana penjualan apparel terbaru timnas Indonesia, patut kita nantikan kiprah Timnas Indonesia U-23 di babak perempatfinal yang akan berhadapan dengan Korea Selatan esok Jum’at dinihari (26/04). Masyarakat Indonesia berharap Timnas Indonesia terus melesat jauh hingga menjadi Juara pada turnamen AFC Cup kali ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.