DJP Jatim 1 Gandeng PTS di Surabaya Dirikan Tax Centre

oleh

Kanwil DJP Jawa Timur I melakukan perjanjian kesepakatan bersama tentang Tax Center  dengan dua perguruan tinggi yaitu Universitas Kristen Petra (UK Petra) dan Universitas Widya Kartika (Uwika), acara dilalukan secara virtual,  Rabu (21/7/2021).

KILASJATIM.COM, Surabaya  Kanwil DJP Jawa Timur I melakukan perjanjian kesepakatan bersama tentang Tax Center  dengan dua perguruan tinggi yaitu Universitas Kristen Petra (UK Petra) dan Universitas Widya Kartika (Uwika), Rabu (21/7/2021).

Uwika resmi menjadi Tax Center ke-19 yang bekerja sama dengan Kanwil DJP Jawa Timur I. Pada kesempatan ini, UK Petra melakukan perpanjangan jangka waktu nota kesepakatan bersama karena telah habis masa berlakunya pada tahun 2020 lalu.

Rektor UK Petra Djawantoro Hardjito menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kanwil DJP Jawa Timur I yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada Program Studi Akuntansi Pajak di UK Petra untuk menjadi salah satu Tax Center dan sebagai tempat sosialisasi inklusi pajak pada perguruan tinggi.

“Kami berharap edukasi pajak di UK Petra dapat berfungsi makin efektif dan berkembang baik dari sisi pembelajaran, penelitian maupun pelayanan kepada masyarakat khususnya yang terkait dengan perpajakan, terima kasih juga untuk dukungan yang diberikan kepada kami baik itu narasumber, teknologi maupun pelatihan yang diberikan dari Kanwil DJP Jawa Timur I,” kata Djawantoro.

Kepala Kanwil DJP Jawa Timur I John Hutagaol mengatakan,  hampir semua negara di jaman modern ini mengandalkan penerimaan pajak sebagai sumber utama penerimaan negara, termasuk indonesia mulai tahun 1980-an.

“Penerimaan pajak merupakan sumber utama Angaran Penerimaan dan Belanja Nasional (APBN) dan itu digunakan secara akuntabel dan transparan oleh pemerintah untuk membiayai pembangunan berkelanjutan. Tahun ini pemerintah harus mengeluarkan dana untuk membiayai krisis kesehatan yang berdampak luas terhadap perekonomian negara yang kita kenal dengan stimulus ekonomi,” ujar John Hutagaol pada acara penandatanganan perjanjian berlangsung secara ruang virtual, Rabu (21/7/2021).

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Timur I P.M. John L.Hutagaol, Ketua Forum Tax Center Drs. Norbertus Purnomolastu, M.M., Ak., Rektor UK Petra Prof. Dr. Ir. Djawantoro Hardjito dan Rektor Universitas Widya Kartika F. Priyo Suprobo, S.T., M.T.

Rektor Uwika F.Priyo Suprobo, S.T., M.T. menyambut gembira dengan penandatanganan kesepakatan bersama ini Universitas Widya Kartika yang turut andil mendukung program pemerintah dalam dunia pendidikan utamanya pengenalan atau inklusi pajak bagi mahasiswa maupun pemangku kepentingan di lingkungan civitas akademika Uwika.

Menurutnya, adanya Tax Center merupakan perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian kepada Masyarakat

“Kami berharap ke depannya melalui Prodi Akuntansi dan Lembaga Pusat Bisnis yang awalnya menjadi satu bagian untuk meningkatkan SDM, dengan adanya kerja sama ini kami ingin menghadirkan kontribusi lebih bagi DJP dan masyarakat,” paparnya.

Setelah penandatanganan kesepakatan bersama, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi inklusi kesadaran pajak di perguruan tinggi oleh tim penyuluh DJP Jawa Timur I yang diikuti oleh 130 mahasiswa dari UK Petra  dan Uwika secara virtual. (kj2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *