Danlanal Banyuwangi Periksa Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi

oleh
Istimewa

 

Banyuwangi, Kilasjatim: Dalam rangka menghadapi fenomena La Nina Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi, Lantamal V, Koarmada II Letkol Laut (P) Joko Setiyono, beserta Forkopimda Banyuwangi melaksanakan pemeriksaan kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi Kabupaten Banyuwangi.

Pemeriksaan kelengkapan seluruh Personel dan Peralatan Penanggulan Bencana, Search And Rescue (SAR), Pemadam Kebakaran, Tagana, Alat Komunikasi, Transportasi, Medis, Logistik, dan unsur-unsur lainnya dalam Apel Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi Kabupaten Banyuwangi.

Selain personel, kesiapan kendaraan mobil, motor, damkar, Mobil Ambulan, perahu karet, alat berat dan gergaji pemotong kayu serta mobil dapur umum juga tak luput diperiksa.

“Mengantisipasi menghadapi musim hujan dan fenomena La Nina yang rawan musibah bencana, kita siapkan bersama-sama mulai personel dan kelengkapan pendukungnya,” Bupati Banyuwangi, H. Abdullah Azwar Anas, Rabu, 21/1/0/2020.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), lanjutnya, mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai dampak dari terjadinya fenomena La Nina. Hal ini mengacu pada periode awal musim hujan yang berpotensi meningkatkan jumlah curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia, Dengan kondisi dari dampak fenomena La Nina, dikhawatirkan akan memicu terjadinya bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, dan tanah longsor.

Komandan Lanal Banyuwangi, Letkol Laut (P), Joko Setiyono, saat pemeriksaan pasukan dan peralatan mengatakan, “Kami bersama prajurit  Lanal Banyuwangi dan unsur-unsur terkait selalu siap sedia turut serta mendukung pemkab banyuwangi dalam rangka SAR, Penanggulangan Bencana Alam, termasuk Percepatan Penanggulan Bencana wabah penyakit covid-19.” tegasnya.(KJ7)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *