Arus Balik Lebaran 2023 di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Hingga H+10

oleh -1004 Dilihat

KILASJATIM.COM, Banyuwangi – PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang Banyuwangi memprediksi arus balik Lebaran 2023 hingga H+10.

“Bisa jadi H+7 sampai H+10 hari ke depan masih akan meningkat, mengingat arus balik ini akan terus berlanjut,” kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang, Muhammad Yasin, Kamis (27/4/2023).

Meski masih beberapa hari ke depan, kemungkinan pada malam hari diprediksi juga akan mengalami peningkatan jumlah penumpang.

Apalagi pada Rabu 26 April 2023 kemarin, instansi pemerintah dan swasta sudah kembali aktif beraktivitas seperti sediakala.

Untuk mengantisipasi kepadatan di areal Pelabuhan ASDP Ketapang, pihaknya mengoperasikan sebanyak tujuh darmaga.

“Ada tujuh dermaga yang melayani penyeberangan Ketapang-Gilimanuk, yakni dermaga movable bridge atau dermaga gegerak, dermaga ponton serta satu dermaga LCM (landing craft mechine),” ungkap Yasin.

Namun ada satu darmaga tambahan yang sebelumnya digunakan untuk persiapan penyebrangan Banyuwangi tujuan Lembar, Lombok.

“Darmaga ini akan difungsikan untuk penyebrangan menuju ke Gilimanuk Bali manakala terjadi lonjakan kepadatan,” ujar Yasin.

Tak hanya itu, otoritas pelabuhan juga menyiagakan dua perbantuan kapal besar. Yakni KMP Jatra II dan KMP Palama, apabila kondisi pelabuhan benar-benar padat.

Pihak pelabuhan saat ini juga mengoperasikan sebanyak 28-32 armada kapal dari 49 armada yang sudah disiagakan untuk angkutan mudik Lebaran 2023.

“Penggunaan kapal ini tergantung dari banyaknya jumlah penumpang yang akan menyebrang baik dari Ketapang ke Gilimanuk maupun dari Gilimanuk ke Ketapang,” tandas Yasin.

Data PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang Banyuwangi, periode 24 jam tertanggal 26 April 2023 hingga pukul 08.00 Wib, jumlah penumpang yang menyeberang ke Bali sebanyak 44.634 orang.

Baca Juga :  Remaja Umur 19 Tahun Ditemukan Tewas Gantung Diri di Dalam Kamar

Untuk kendaraan golongan II atau jenis sepeda motor, tercatat sebanyak 6.591 unit. Sedangkan kendaraan golongan IV A atau mobil pribadi, ada sebanyak 4.488 unit yang menyebrang menuju ke Pelabuhan Gilimanuk Bali. (bbs/bkj)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.