Dindik Jatim – Australia Gali Potensi Inovasi Anak Didik Usia SD

oleh

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Saifullah Rahman bersama Silvana  Erlina, Program Manager Inovasi Jatim dalam media briefing di Surabaya Kamis (4/10/2018)

 

SURABAYA, kilasjatim.com: – Dinas Pendidikan Jawa Timur bersama Australia melakukan gerakan baru di dunia pendidikan yang diberi nama Inovasi. Tujuannya untuk memunculkan terobosan baru yang lebih bermanfaat.

Silvana Erlina, Program Manager Inovasi Jatim mengatakan Inovasi di dunia pendidikan cukup penting caranya dengan menggali potensi anak didik di daerah.

“Karakter tiap daerah tidak sama karenanya inovasi yang dihasilkanpun ditiap daerah bisa berbeda. Tergantung pada potensi yang dimiliki oleh daerah tersebut,” kata Silvana pada kegiatan media gathering di ruang Melati Dinas Pendidikan Jatim Jl Genteng kali, Kamis (4/10/2018)

Dibeberapa daerah sebagian sudah memunculkan hasil inovasi salah satunya di Batu
yang berhasil dengan inovasi leadership yang cukup berhasil diterapkan di daerahnya.

Hanya saja inovasi leadership yang berhasil di Batu tidak bisa diterapkan di daerah lain. karena memang berbeda karakter masyarakatnya.

Program Inovasi ini menurut Silvana tidak hanya membantu mengembangkan kreativitas sekolah dalam pengembangan model pembelajaran tetapi juga mendorong pengetahuan guru dalam memahami karakteristik murid dengan Growth Mindset.

Growth Mindset sendiri merupakan pola pikir yang terbangun untuk tidak selalu menolong seorang dengan memberikan solusi melainkan dengan memberikan pertanyaan yang membuat orang terus berpikir resiko dan dampakpositif yang akan diambil

Saat ini program Inovasi di Jawa Timur fokusnya pada pendidikan dasar atau SD dengan mengembangkan numerik, literasi, kepemimpinan.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan SekolahJawa Timur Saiful Rahman, mengatakan untuk menciptakan invonasi yang menarik bagi anak-anak, membutuhkan strategi tersendiri yang dilakukan para guru pengajar .

“Sebenarnya sekolah-sekolah di daerah Jatim merupakan penghasil inovasi terbesar di Indonesia dan menjadi rujukan inovasi sekolah dasar untuk dunia. Salah satunya sekolah di Mojokerto dengan inovasi yang dihasilkan menjadi model pembelajaran di Amerika, jadi Jawa Timur ini jadi salah satu provinsi yang sangat kuat di bidang inovasi pembelajaran dan jadi contoh nasional,” ujar Saiful usai membuka acara temu dengan media. (kj4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *