Wakil Menteri BUMN Apresiasi  PTPN Group Dalam Wujudkan Percepatan Swasembada Gula Nasional

oleh -367 Dilihat

 

KILASJATIM.COM, Surabaya – Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani, mendampingi Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo melakukan kunjungan kerja ke kebun HGU Lumajang PTPN I Regional 4, pada Rabu (27/12/2023).

Kunjungan tersebut, dilakukan dalam rangka meninjau pelaksanaan sejumlah program pasca transformasi, serta strategi bisnis PTPN Group dalam mewujudkan percepatan swasembada gula nasional. Kegiatan dimulai dengan peninjauan secara langsung kebun HGU Lumajang dan dilanjutkan dengan prosesi tanam perdana Kebun Benih Datar (24/25)

Dalam kunjungan kerjanya itu, Wamen BUMN juga didampingi oleh sejumlah jajaran  Direksi  Holding  Perkebunan Nusantara,  dan  Direksi  PTPN IV (Subholding PalmCo), Direksi PTPN I (Subholding SupportingCo) dan Direksi PT Sinergi Gula Nusantara (Subholding SugarCo).

Dalam sambutannya, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, mengapresiasi terkait fokus PTPN Group dalam mewujudkan percepatan swasembada gula nasional dan keberpihakannya kepada petani.

 “Untuk mencapai itu semua, tentu perlu ada upaya khusus yang harus dijaga dari hulu hingga hilirnya,” ujar Tiko.

Tiko mengatakan bahwa untuk menjaga kelangsungan ekonomi Indonesia, dibutuhkan effort khusus.

“Supaya kita bisa swasembada, kemudian juga mampu menghasilkan varietas bibit unggul, yang bisa menghasilkan domestic variety produktif di tanah Indonesia,” tambahnya.

Tiko menekankan agar ekosistem tersebut terus dijaga bersama, mulai dari pembibitannya hingga pengelolaan kebunnya.

“Research and development mengenai produktivitas dan efisiensi,  disiplin  dalam mengelola kebun,  pengelolaan  keuangan  dan  komersial, maupun neraca perusahaan, harus menjadi satu kesatuan. Sehingga, nanti ke depannya PTPN bisa bangkit dari sisi produksinya,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), Mohammad Abdul Ghani, menyampaikan bahwa kunjungan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, menjadi salah satu bentuk stimulus semangat bagi para planters PTPN Group untuk bisa kembali menorehkan sejarah.

Baca Juga :  12 Titik Ruas Jalan Nasional Rawan Longsor dan 21 Titik Rawan Banjir

“Seperti yang saya sampaikan tadi pak, saya merasa sangat senang dengan kunjungan bapak. Setiap saya bertemu dengan stakeholder, saya berharap akan ada keyakinan dari bapak. Karena kami sendiri sudah yakin kalau tebu ini mudah. Karena jika cerita tentang tebu itu cerita tentang sejarah, bagaimana kita mengembalikan sejarah tersebut. Maka kewajiban PTPN ke depan itu akan membangun inkubasi-inkubasi kepada masyarakat, melakukan pelatihan-pelatihan dan penyuluhan-penyuluhan. Kita akan menyiapkan itu untuk kembali memperbaiki tata kelola tebu rakyat,” ungkap Ghani.

Lebih lanjut Ghani menyampaikan, bahwa ke depan, selain memperbaiki areal HGU, PTPN Group juga terus berupaya melakukan perbaikan guna membantu para petani. “Sekali lagi, terima kasih atas kunjungan bapak, ini menjadi sumber motivasi bagi kita untuk mewujudkan harapan pemerintah,” papar  Ghani.

Kegiatan kunjungan kemudian dilanjutkan dengan rapat kerja di Kantor Pusat Eks PTPN XI.  Dalam  kesempatan  tersebut , Wakil  Menteri  BUMN  Kartika Wirjoatmodjo bersama dengan Direktur Utama Holding Perkebunan PTPN III (Persero) M. Abdul Ghani, Direktur Utama PTPN IV (Sub Holding Palm Co) Jatmiko Krisna Santosa, Direktur Utama PTPN I (Subholding SupportingCo) Teddy Yunirman Danas, serta Direktur Utama PT Sinergi Gula Nusantara (Subholding SugarCo) Aris Toharisman, membahas terkait Program Pasca Transformasi, serta Strategi Bisnis dan pembiayaan Subholding PTPN Group.

Mengakhiri kunjungan kerjanya, Wamen BUMN juga turut menyaksikan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Operasi (KSO) antara Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) M. Abdul Ghani dengan Direktur Utama PTPN IV (Subholding PalmCo) Jatmiko Krisna Santosa, terkait kerja sama operasi Kebun Sei Meranti, Kebun Bukit Tujuh, dan Pabrik Kelapa Sawit Sei Meranti Milik PTPN III (Persero).

Selain itu, juga penandatanganan perjanjian kerja sama antara Direktur Utama PTPN I (SupportingCo) Teddy Yunirman Danas dengan Direktur Utama PTPN IV (PalmCo) Jatmiko Krisna Santosa terkait Pengelolaan Kebun, Pabrik Kelapa Sawit dan Pabrik Pengolahan Inti Sawit Milik PT Perkebunan Nusantara I, serta antara Direktur Utama PTPN I (SupportingCo) Teddy Yunirman Danas dengan Direktur Utama PT Sinergi Gula Nusantara (SugarCo) Aris Toharisman, terkait Kerja Sama Operasi (KSO) Aset Bisnis Gula On-farm antara PTPN I dengan PT Sinergi Gula Nusantara.

Baca Juga :  Kota Malang Raih Penghargaan Pembina Proklim Terbaik Nasional

Lokasi kunjungan Wakil Menteri BUMN pada Rabu (27/12) kemarin berlokasi di Kebun Lumajang HGU Regional 4 tepatnya berada di petak Rojopolo V dengan luas 5.147 ha, dengan target produktivitas 200 ton/ha. Pasca adanya transformasi bisnis dengan penggabungan Eks PTPN X dan Eks PTPN XI, maka kini PT Perkebunan Nusantara I Regional 4 tercatat memiliki total luas areal tebu sebesar 14.003,10 Ha. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.