Komut PTPN XI Oskar Tanjung : PTPN Group  Bantu Pembangunan Mersah Jokowi di Aceh

oleh -582 Dilihat

Komisaris Utama PTPN XI Osmar Tanjung (tengah baju biru putih) menyaksikan penyerahan bantuan dari PTPN Group Kamis (23/04) di Bener Meriah Aceh (Ist/dok) 

 

KILASJATIM.COM, SURABAYA:
Sejak menjadi mahasiswa, rasa peduli Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap rakyat dan lingkungan telah berbentuk nyata. Kurang lebih 34 tahun yang lalu Jokowi membangun mersah, sebutan bahasa Gayo untuk masjid kecil atau mushollah, di Kompleks KKA, Desa Bale Atu, Bener Meriah.

“Bersama teman dan Haji Aman Tursinah Nurdin, bapak angkat beliau, pak Jokowi membangun mersah sebagai tempat mengaji dan memperdalam ilmu agama bersama masyarakat. Pada saat itu Mersah tersebut menjadi satu-satunya yang berdiri di Desa Bale Atu. Namun, sejak sekitar  5 tahun lalu, Mersah Jokowi ini tidak layak lagi dipakai untuk tempat beribadah karena dimakan usia”, terang Osmar Tanjung Komisaris PTPN XI yang juga sebagai Ketua Umum Pusat Kerja Pengembangan (PKP) Berdikari Kamis (23/03)  usai seremoni penyaluran bantuan di Bener Meriah Aceh.

Osmar pun menginisiasi dengan renovasi perbaikan Mersah Jokowi, sebutan untuk Mersah yang didirikan Joko Widodo tersebut. Upaya renovasi Mersah Jokowi mulai dilakukan pada pertengahan Januari 2023 lalu.

” Bantuan tahap pertama melalui dana Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dari PTPN IV dan PTPN XI Januari lalu mengawali proses renovasi Mersah yang saat ini sudah berjalan 40 persen. Dana TJSL dari PTPN merupakan bantuan utama Mersah Jokowi di luar teras, kamar mandi, paving blok, pagar dan lainnya. Tahap selanjutnya kali ini dari Holding Perkebunan Nusantara sebesar 302juta rupiah”, lanjutnya.

Holding Perkebunan Nusantara melalui PTPN III memberikan bantuan TJSL sebesar Rp 302.408.000 yang diwakili oleh Fauzan Koto, Kasubag TJSL PTPN III. Bantuan diterima langsung oleh H. Aman Tursina, dan diketahui oleh Kepala Kampung Namansyah dan disaksikan oleh Osmar Tanjung.

Baca Juga :  LNG Plant Pertama di Jawa Dibangun di Kawasan Industri PIER

Joko Widodo  putra Jawa telah membai’at dirinya sebagai orang Gayo sekaligusn telah menjadi kampung halamannya yang kedua.

“Mersah ini dibangun kembali agar jejak Presiden ke-7 RI tidak hilang begitu saja di Bener Meriah, Aceh. Ini akan menjadi catatan sejarah untuk Masyarakat Indonesia terkait Presiden Jokowi. Insya Allah minggu depan pembangunan Mersah Jokowi ini sudah naik atap, sehingga dalam bulan Ramadhan tahun ini, Mersah Jokowi sudah dapat difungsikan sebagai tempat shalat tarawih,” tutup Osmar.

Rencananya, bentuk dan ornamen bangunan Mersah akan dipugar sesuai dengan bentuk aslinya, seperti ketika Jokowi membangun mersah ini dan kemudian diperluas bangunannya agar dapat menampung jamaah lebih banyak. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.