Tekan Pengangguran, Pemprov-BPSDMP Kominfo Surabaya Sinergi Program Beasiswa Gratis  

oleh -1.320 views

KILASJATIM.COM, Surabaya – Guna menekan angka pengangguran di Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melakukan sinergi dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kominfo Surabaya berupa Program Beasiswa Gratis bagi Alumni SMK, D3, D4 dan S-1.

Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya, Eka Handayani saat kunjungan kerja ke Dinas Kominfo Prov Jatim, Senin (13/1) mengatakan, BPSDMP Kominfo Surabaya mempunyai program prioritas Ditigal Talent Scholarship yang merupakan Program Beasiswa Gratis bagi Alumni SMK, D3, D4 dan S-1.

“Digital Talent Scholarship merupakan Program prioritas Badan Litbang Kementerian Kominfo RI, yang diharapkan mampu mengurangi angka pengangguran dengan memberikan kemampuan siap kerja, serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, mereka yang alumni dari mengikuti program tersebut tidak hanya terserap di industri saja, tetapi mereka juga dididik untuk menjadi inovator-inovator. Diharapkan outcame dari program ini selain mendidik menjadi inovator, juga menjadikan para alumni mempunyai jiwa wirausaha atau entrepreneurship.

BACA JUGA: Antisipasi Bencana, Pemprov Jatim Siapkan Help Desk Call Center Tanggap Bencana

Kepala Dinas Kominfo Prov Jatim, Benny Sampirwanto mengatakan, dalam program mengurangi angka pengangguran, pemerintahan menyediakan fasilitas digitalisasi sebagai sarana kaum milenial, yakni dengan membentuk Millenial Job Centre (MJC).

Dikatakannya, MJC mempunyai 3 stakeholder yakni client, mentor dan talent. Client merupakan perusahaan, lembaga, atau perseorangan yang bisa memberikan proyek-proyek kepada anak-anak yang berminat pada pekerjaan berbentuk freeland. Sementara mentor yakni orang-orang yang mempunyai keahlian baik dari praktisi maupun dosen. Sedangkan talent yakni kaum millenial yang mempunyai bakat tertentu khususnya di bidang IT.

“Untuk mendukung program tersebut, pemerintah memberikan bantuan berupa keuangan, bagi mereka yang kurang dananya. Sementara bagi yang terkendala masalah perijinan akan difasilitasi,” tambahnya. (kominfo/kj7)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.