Siap Amankan Pemilu 2024, Pemkab Pasuruan Kerahkan 9860 Anggota Linmas

oleh -270 Dilihat

Foto: Ist/Pemkab Pasuruan

KILASJATIM.COM, Pasuruan – Ribuan anggota Linmas (perlindungan masyarakat) Se-Kabupaten Pasuruan mengikuti Apel Kesiapsiagaan Pemilu Serentak, Senin (12/2/2024) pagi.

Apel tersebut digelar di Halaman Graha Maslahat, Komplek Perkantoran Pemkab Pasuruan dan dipimpin langsung oleh Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto. Hadir pula Kapolres Pasuruan, AKBP Teddy Chandra; Sekda Yudha Triwidya Sasongko dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Andriyanto menjelaskan, total ada 9860 petugas linmas yang diperbantukan dalam pengamanan Pemilu serentak Kabupaten Pasuruan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 9010 linmas ditugaskan di TPS (tempat pemungutan suara), 730 linmas di Posko Pengamanan Pemilu di Desa/Kelurahan dan 120 linmas ditempatkan di Posko Kecamatan.

Ketika sudah ditempatkan, lalu tugas Linmas apa? Andriyanto menegaskan bahwa ribuan Linmas akan memback up POLRI TNI dalam mengamankan setiap posko maupun TPS.

Menurutnya, Linmas punya peran penting dalam menjaga ketertiban dan keamanan pesta demokrasi lima tahunan ini. Untuk itu mereka diharapkan bisa memberikan rasa aman kepada para warga selama pencoblosan, terutama di desa-desa.

“Kita paham bahwa Pemilu tahun ini begitu besar. Membutuhkan personel yang begitu banyak, sehingga keberadaan satlinmas jelas sangat membantu. Kolaborasi TNI POLRI jelas tidak mencukupi, sehingga adanya Linmas, beban polisi TNI semakin berkurang,” tegasnya.

Tak selesai sampai di situ, Andriyanto juga meminta Satlinmas untuk mewaspadai berbagai potensi gangguan keamanan dan ketertiban, selama proses pemilihan.

“Pelaksanaan pemilu 2024 hanya tinggal menghitung hari. Oleh karena itu, saya harap Satlinmas sudah harus mulai persiapan sejak saat ini, agar nanti ketika pelaksanaan Pemilu semua sudah siap siaga, dan melaksanakan pengamanan dengan baik,” ucapnya. (bkj)

No More Posts Available.

No more pages to load.