Probolinggo Terapkan Robokir Telkomsel, Layanan Publik Berbasis Elektronik Pertama Kali di Pemerintahan

oleh -1 Dilihat

Kepala Dinas Perhubungan Kota Probolinggo, Agus Effendi (paling kiri) dengan GM Network Engineering dan Quality Telkomsel Jawa Bali, Wendy Adewijaya dan GM NETWORK Service Assurance Telkomsel Jawa Timur, Permata Simarmata ketika memberikan teknis mengenai RoboKir.

KILASJATIM.COM, Probolinggo – Tidak ingin kalah dengan Pemerintah Kota lain di Jawa Timur dalam penerapan layanan publik berbasis elektronik, Kota Probolinggo menerapkan inovasi terbaru Telkomsel. Inovasi terbaru Telkomsel yang dimanfaatkan Pemkot Probolinggo yakni layanan pengingat kir dengan menggunakan Robocall.

Robocall-Kir (Robokir) merupakan layanan yang pertama kali dipakai di pemerintahan di Indonesia. Guna implementasi layanan Robokir, Pemkot Probolinggo melaksanakan Kesepakatan Kerja Sama dengan Telkomsel, yang dilakukan oleh Wali Kota Probolinggo diwakili Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo, Agus Efendi dengan General Manager Network Engineering and Quality Telkomsel Jawa Bali, Wendy Adewijaya, Selasa (21/6/2022).

Dishub Kota Probolinggo, Agus Efendi, mengatakan, penerapan Robokir ini bagian upaya Kota Probolinggo menuju menuju Kota Pintar (Smartcity) melalui pemanfaatan transformasi digital. Pemkot Probolinggo terus mendorong pemanfaatan teknologi informasi melalui sistem pemerintah berbasis elektronik atau e-government (SPBE).

“Dengan tranformasi digital pelayanan publik bisa diakses warga secara online termasuk layanan Robokir Telkomsel ini. Kami bangga karena menjadi pemerintahan kota di Indonesia, yang pertama kali memakai Robokir. Kami berharap dengan aplikasi ini, baik pengemudi, penumpang maupun pengguna jalan raya, bisa terselamatkan dan terhindar dari kecelakaan atau hal yang tidak diinginkan. Semoga aplikasi ini bisa digunakan secara maksimal oleh dinas-dinas terkait maupun masyarakat di Kota Probolinggo,” kata Agus Efendi.

General Manager Network Engineering and Quality Telkomsel Jawa Bali, Wendy Adewijaya, menjelaskan berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No 133 Tahun 2015 tentang Pengujian Kendaraan Bermotor.

Fungsi dari pengujian kendaraan bermotor selain memberikan jaminan keselamatan secara teknis terhadap kendaraan, uji kir juga mendukung terwujudnya kelestarian lingkungan melalui pelayanan umum kepada masyarakat.

Wendy mengatakan untuk meningkatkan layanan pengujian kendaraan bermotor, Dinas Perhubungan Kota Probolinggo menghadirkan inovasi terbaru bekerjasama dengan Telkomsel Enterprise, yakni Robokir. Robokir ini satu-satunya layanan pada UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor se Indonesia di mana layanan ini berfungsi sebagai pengingat pemilik kendaraan untuk uji kendaraan satu minggu sebelum masa uji tidak berlaku. Hal ini mengingat pentingnya uji kendaraan bermotor di dalam mewujudkan kendaraan berkeselamatan di jalan.

“Dalam kerja sama ini, kami terus memberikan layanan terbaik melalui inovasi yang bisa menjadi solusi dari permasalahan utama Pemkot Probolinggo. Yang pasti, Dinas Perhubungan Kota Probolinggo menginginkan keselamatan semua, keselamatan masyarakat agar selalu tenang dan aman dengan memanfaatkan aplikasi ini. Ke depan, diharapkan bisa memberikan hasil yang positif terhadap tata tertib daerah. Dan ini menjadi faktor utama pengembangan di masing-masing region,” ungkap Wendy seraya menambahkan

Inovasi ini mendukung Pemerintah Kota Probolinggo melalui inovasi terbaik di dalam peningkatan layanan menuju layanan yang mudah, cepat, efektif dan transparan berbasis digital.

“Sebagai operator telekomunikasi paling Indonesia, Telkomsel memiliki beragam inovasi yang mampu mendukung Pemerintah Kota maupun Pemerintah Kabupaten menuju Kota Pintar. Pemakaian layanan Robokir yang pertama diterapkan di pemerintahan Kota Probolinggo ini sekaligus bukti kualitas teknologi inovasi Telkomsel yang bisa diandalkan,”pungkasnya. (kj2)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.