PG Bawa LONTAR Ramaikan Cokro Ekraf Festival

oleh -945 Dilihat

KILASJATIM.COM, Gresik: Petrokimia Gresik (PG) berkomitmen melestarikan budaya dan memajukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Gresik dengan mendukung kegiatan Cokro Ekraf Festival di kawasan Bandar Grisse, Gresik.

Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari UMKM, komunitas musik, kreatif muda dan masyarakat umum. Cokro Ekraf Festival digelar dua kali dalam sebulan, yaitu di hari Sabtu pada pekan pertama dan ketiga setiap bulannya.

Terpisah, Direktur Utama PG, Dwi Satriyo Annurogo menyampaikan bahwa, Cokro Ekraf Festival ini selaras dengan komitmen perusahaan dalam memajukan UMKM sekitar perusahaan. Untuk itu, PG mengikutsertakan UMKM binaannya yang tergabung dalam “LONTAR” (Kelompok Jajanan Masyarakat Sekitar) turut meramaikan stand bazar Cokro Ekraf Festival.

“Kami menyambut positif kegiatan ini, karena dapat menjadi media promosi, memperkuat jaringan pasar atau sarana bertukar ide kreatif bagi UMKM LONTAR sehingga usahanya semakin maju,” ujar Dwi Satriyo, Sabtu, 2/2/2024.

LONTAR sendiri merupakan gabungan dari ibu-ibu PKK dan Sekar Mamamia (Sekolah Kader Mama & Pemuda Petrokimia) sekitar perusahaan, diantaranya Desa Roomo, Kel. Tlogopojok, Lumpur, Karangturi, Karangpoh, Sukorame, Kroman dan Kel. Ngipik. Program LONTAR ini bertujuan untuk mengoptimalkan kegiatan usaha ibu-ibu sekitar area perusahaan yang banyak ditemukan membuka usaha jajanan tradisional, seperti jenang jubung, telur bader, bubur masin, dan jajanan maupun minuman lainnya.

“Melalui program LONTAR ini, PG memberikan pendampingan secara komprehensif. Selain menyiapkan sejumlah pelatihan, seperti pembuatan kue sehingga para peserta dapat mengembangkan usaha jajanan mereka semakin menarik dan diminati, serta mendorong pemasarannya melalui keikutsertaan dalam bazar, termasuk Cokro Ekraf Festival,” katanya.

Baca Juga :  Direksi Petrokimia Gresik Blusukan ke Daerah  

Sementara, Wakil Bupati (Wabup) Gresik, Aminatun Habibah menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia memastikan kegiatan ini memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Gresik.

“Saya meyakini bahwa festival ini bakal berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat. Apalagi, festival ini mempunyai ciri khas dengan menyuguhkan kulineran khas Gresik. Masyarakat tidak perlu jauh-jauh jika ingin menikmati kuliner khas, di Cokro Ekraf Festival ini semua tersedia,” kata Wabup Gresik.

Kepala Disparekrafbudpora Kabupaten Gresik, Saifudin Ghozali menyampaikan terima kasih atas dukungan dari PG sehingga Cokro Ekraf Festival dapat terselenggara dengan baik. Ia berharap dukungan ini menginspirasi perusahaan lain sehingga semakin banyak terselenggara kegiatan serupa untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Gresik.

“PG telah banyak memberikan kontribusi dan dukungan terhadap Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Gresik, khususnya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui UMKM. Semoga kontribusi ini terus ditingkatkan sehingga kebermanfaatan dari program-program PG semakin banyak dirasakan oleh masyarakat Gresik,” pungkasnya.(den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.