Penerbangan Perintis Pacitan Jadi Solusi Transportasi Praktis di Wilayah Barat Jatim

oleh
Ketua Komisi D DPRD Jatim, Kuswanto.

KILASJATIM.COM, Surabaya – Wacana pembangunan penerbangan perintis di Pacitan bisa menjadi sebuah solusi melengkapi jalur transportasi barang dan orang ke wilayah Barat Jatim yang dinilai masih belum ada solusi paling pas.

Ketua Komisi D DPRD Jatim, Kuswanto ditemui di DPRD Jatim, Senin (24/2) mengaku pembangunan penerbangan perintis ke Pacitan adalah solusi yang sudah saatnya dipikirkan, alasannya semua wilayah ujung di Jatim sudah terhubung dengan penerbangan. Namun di wilayah barat Jatim malah belum ada.

“Secara logika, saya melihat ujung timur Jatim sudah ada bandara di Banyuwangi dan Jember, selatan ada wilayah Kediri, utara ada Sumenep, tinggal wilayah barat. Kalau memang mau ada (bandara perintis) di Pacitan itu bisa mengcover Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo dan Pacitan bahkan wilayah Jateng dekat Pacitan. Dan selama ini penerbangan perintis di wilayah ujung Jatim yang sudah ada sangat diakui cukup membantu. apalagi untuk urusan bisnis kan tidak bisa hanya lewat telpon, harus ketemu ngobrol, supaya komunikasi bisnisnya juga lebih afdol. Maka jika ada penerbangan perintis ini akan bagus untuk pebisnis, ” kata Kuswanto.

BACA JUGA: Dinas PU Bina Marga Pastikan Jalur Ponorogo–Pacitan Selesai 10 Hari Kedepan

Kuswanto mengaku, memang ada JLS yang sedang di upayakan, namun kenyataannya, butuh biaya besar, dan sangat sulit mencari investor,

“Ya maklum kan ini jalan tidak berbayar sifatnya sosial, beda dengan jalan tol, yang investasinya cepat kembali.  Ada beberapa lahan meski itu milik Perhutani nyatanya juga sulit ditembus. Maka penerbangan perintis adalah solusi awal,” kata Politisi Demokrat ini.

Wilayah Pacitan memang masuk wilayah yang secara jalur memang terisolir oleh gunung yang mengelilingi, sehingga untuk menuju ke Pacitan jalannya berliku dan cukup melelahkan, sehingga butuh jalur yang lebih praktis dan menghemat waktu. Namun, ia mengingatkan bahwa untuk mewujudkan proyek ini bukanlah hal yang mudah.

“Butuh keseriusan agar proyek ini terwujud, tentu kami sebagai wakil rakyat akan mendorong agar bisa mewujudkannya,” pungkasnya.

BACA JUGA: Khofifah: Museum dan Galeri Seni SBY-Ani Jadi Gravitasi Baru bagi Pacitan

Anggota DPRD Jatim asal Pacitan, Eko Prasetyo juga menyambut gembira wacana ini.

“Dulu sebelum Bu Susi jadi menteri juga sudah berupaya masuk ke Pacitan dengan pesawatnya, namun ini terkendala dengan zona terbang militer Bandara Iswahyudi. Ya jika Bu khofifah bisa melobi pihak AU agar mengijinkan zona ini bisa juga untuk pesawat perintis tentu akan lebih baik,” ungkapnya.

Jika bisa diwujudkan tentu akan jadi kabar gembira, karena akan berdampak baik untuk ekonomi di Pacitan dan sekitarnya. “Kalau ini diwujudkan tentu ekonomi Pacitan akan mulai terbuka. Kita punya potensi wisata alam yang menjanjikan. Alam pegunungan, pantai yang eksotik, Namun karena kondisi kita di kelilingi gunung, maka akses untuk masuk ke sini jadi sulit. Maka jika ada penerbangan, mereka yang ingin melihat potensi wisata alam yang masih asli akan bisa menikmati dengan lebih mudah,” ungkap Eko Pras. (kominfo/kj6)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *