Panduan Liburan ke Singapura yang Anti Mainstream

oleh

foto istimewa

KILASJATIM.COM, JAKARTA – Sedang mencari panduan liburan ke Singapura karena ini adalah kunjungan pertama Anda? Atau sudah melihat Merlion, Orchard Road, Jalan Bugis, atau Chinatown dan ingin sesuatu yang berbeda? Sebenarnya Singapura memiliki banyak tempat menarik lainnya dan berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan selain tempat-tempat populer yang kerap dikunjungi turis.

Singapura memang negara kecil, tapi sebenarnya ada banyak hal yang bisa dicoba sebagai bagian dari liburan Anda. Mulai dari mencoba aktivitas baru sampai objek wisata yang tidak kalah menariknya dengan tujuan populer yang kerap dibanjiri wisatawan. Ada beragam pilihan wisata di Singapura yang menarik dan beda dari biasanya.

Penuhi semua syarat masuk Singapore 2021 dan kunjungi berbagai tempat yang Anda inginkan. Lakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan tempat-tempat mana saja yang ingin dikunjungi. Berikut adalah panduan liburan ke Singapura yang tidak biasa.

1. Berkeliling Singapura Dengan Transportasi Umum

Singapura memiliki sistem transportasi yang canggih dan terintegrasi. Anda bisa membeli Singapura Pass yang diperuntukkan sebagai alat pembayaran untuk transportasi seperti MRT, LRT dan bus. Jadi, Anda bisa memiliki pengalaman menaiki angkutan umum yang canggih dan sekaligus bepergian dengan hemat ke beberapa tempat dengan nyaman dan aman.

Anda bisa membelinya di airport atau tempat-tempat populer lainnya. Ada beberapa opsi pemakaian sesuai dengan kebutuhan. Ini adalah cara terbaik untuk mengeksplorasi Singapura layaknya penduduk lokal dan tidak bergaya ala turis.

2. Destinasi Instagramable

Anda bisa berburu lokasi selfie di Singapura yang tidak selalu dengan latar belakang Merlion atau Marina Bay. Panduan liburan berikut bisa menawarkan latar foto yang lain daripada biasanya. Tempat-tempat seperti Tiong Bahru Street, Haji Lane dan Kampong Glam adalah beberapa destinasi yang menyajikan pajangan mural unik dengan berbagai tema.

Selain gratis, Anda bisa melakukan banyak hal disana selain berfoto. Anda bisa mencicipi makanan lokal yang khas, berbelanja atau mengenal berbagai kesenian yang terkait dengan gambar mural yang direpresentasi. Rasakan cita rasa tradisional antara paduan budaya Tionghoa dan Melayu yang kental.

3. Menikmati Sunset di Jembatan Ombak Henderson

Tidak mengira kalau bisa menikmati sunset di Singapura? Kalau sunset dan sunrise identik dengan pinggir pantai atau puncak gunung, Singapura berhasil memberikan pilihan yang tidak mungkin tersebut. Jembatan yang didesain unik terinspirasi dengan struktur ombak ini berada di ketinggian yang menakjubkan.

Anda bisa berfoto, berjogging atau menangkap sunset di tempat ini. Area yang luas dan berada di ketinggian di atas Hutan Henderson memberikan opsi wisata alam yang menarik dan pastinya anti mainstream. Kenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman karena Anda akan banyak berjalan kaki.

4. Kunjungan Ke Perusahaan Air Minum Newater

Singapura memang terdepan dalam melakukan inovasi dan pemanfaatan teknologi. Kalau ingin pengalaman berbeda ke Singapura, kunjungi sistem penyulingan dan melihat proses air minum disuling. Lokasinya berdekatan dengan Airport Changi sehingga bisa disesuaikan dengan jadwal jalan-jalan di sana.

Teknologi ultraviolet dimanfaatkan untuk membasmi kuman dan memungkinkan untuk menghasilkan air bersih yang layak dikonsumsi. Pabrik Newater membuka pabriknya untuk dikunjungi pengunjung dan melihat penyulingan yang telah berhasil dikembangkannya.

 5. Berbagai Taman Kota

Budaya Tiongkok dan Jepang sangat mengakar pada negara Singapura. Oleh karena itu, suatu hal yang wajar bila ada banyak landmark yang terinspirasi dari dua negara tersebut. Salah satunya adalah Chinese dan Japanese garden yang berada dekat dengan Snow City dan Science Center.

Anda akan menemukan jembatan cantik Bai Hong Qiao yang terinspirasi dari gaya jembatan Summer Palace, Beijing. Beberapa bangunan seperti pagoda 7 Tingkat dibuat menyerupai Kuil Ling Ku di Nanjing. Ada juga beragam patung dari 12 shio dan patung dari berbagai legenda mendunia seperti Cheng Ho dan Guan Yu.

Japanese Garden menerapkan taman yang tenang dengan mengadopsi gaya berkebun Muromachi dan Azuchi-Momoyama. Ada taman bonsai, Museum Penyu dan Kura-kura yang erat hubungannya dengan budaya jepang. Ini adalah destinasi yang menenangkan dan juga sangat menarik untuk dikunjungi bagi Anda yang tidak menyukai keramaian.

 6. Tempat Ibadah

Selain dipakai untuk beribadah, ada beberapa tempat yang menentukan tumbuh kembangnya berbagai agama di Singapura dan adanya saling toleransi di sana. Anda bisa mengunjungi Masjid Sultan sebagai masjid pertama yang didirikan di Singapura. Pastikan untuk berbusana tertutup agar sesuai dengan adab berkunjung ketempat yang berada di kawasan Haji Lane ini.

Pilihan menarik lainnya adalah Katedral St. Andrew yang sempat mengalami perbaikan akibat sambaran kilat yang sempat menghancurkan bangunan aslinya. Katedral ini mewakili sejarah Singapura dengan agama nasrani yang diperkenalkan di Singapura sejak 1852.

 7. Wisata Perjalanan

Kalau ingin melihat Singapura dalam satu paket wisata, ada banyak tour yang diselenggarakan untuk memanjakan para wisatawan. Nikmati Night tour untuk menikmati gemerlap Singapura di malam hari. Anda bisa mengambil Bus tour dengan bis tingkat ke beberapa bangunan utama yang populer. Ingin pilihan yang anti mainstream? Coba River Cruise, Cable Car atau Singapore Flyer untuk melihat banyak tempat dalam waktu singkat.

Kini Anda bisa memutuskan mengikuti panduan liburan di atas sebagai pilihan dari destinasi populer Singapura lainnya. Dengan demikian waktu yang dihabiskan akan sangat berkesan dan tentunya berbeda. Pilihlah beberapa opsi wisata yang paling menarik dan bisa dilakukan bersamaan karena mustahil bisa mengunjungi semua dalam waktu singkat. kj4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *