Musim Hujan Tiba, BPBD Jatim Soroti Titik Rawan Banjir untuk Tingkatkan Kewaspadaan Masyarakat

oleh -298 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto membeberkan daerah-daerah yang rawan mengalami bencana banjir menjelang musim hujan. Wilayah yang jadi langganan banjir seperti Pamekasan, Sampang, dan Pasuruan menjadi fokus BPBD Jatim.

“Hari ini di Jawa Timur mulai masuk musim peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan. Untuk pemetaan kabupaten/kota dalam menghadapi musim hujan, kami mengacu pada kejadian tahun sebelumnya,” kata Gatot, Senin (20/11/2023).

“Fokus kami sama sesuai kejadian tahun 2022-2023 lalu, yakni di wilayah Sampang, Pamekasan, Pasuruan. Kita juga tetap waspada di wilayah-wilayah lain yang ada potensi langganan banjir,” tambahnya.

BPBD Ingatkan Waspada Banjir Bandang Usai Kebakaran Hutan, Gatot juga mengantisipasi adanya banjir bandang. Biasanya, banjir bandang terjadi di daerah yang memiliki banyak perbukitan atau pegunungan, kemudian membawa air bersama material gunung dari dataran tinggi ke dataran rendah.

“Kalau banjir bandang kita waspadai di Batu, ada juga di sebagian Trenggalek,” jelasnya.

kata Gatot, kini sedang melakukan bersih-bersih sungai untuk memastikan aliran air tidak tersumbat oleh sampah. Selain itu, di pegunungan, petugas BPBD Jatim juga tengah melakukan pembersihan material bekas kebakaran karhuta dan sisa-sisa rating beka-penebangan pohon.

“Sebagai upaya penanganan banjir, instruksi Bu Khofifah kita sudah melakukan pembersihan di ruas sungai, dan sekarang dilakukan pembersihan material dan kayu di wilayah gunung-gunung,” jelasnya.

“Salah satunya di Gunung Arjuno bersama BPBD Kota Batu. Kita tidak ingin ada banjir bandang di Batu terjadi lagi sehingga material-material hasil kebakaran hutan lahan kita bersihkan bersama untuk memperlancar arus air apabila terjadi hujan lebat. Kemarin lalu di Gunung Lawu teman-teman BPBD juga sudah membersihkan bekas kebakaran, tandasnya. (Rif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Baca Juga :  Rumah Zakat Action Kirim Relawan Siagakan Pos Segar di Posko Crisis Center Sriwijaya Air SJ 182

No More Posts Available.

No more pages to load.