Mudik ke Ponorogo? Jangan Lupa Cicipi 5 Kuliner Khas Ini

oleh -2289 Dilihat

KILASJATIM.COM, Ponorogo – Sedang mudik ke Kabupaten Ponorogo? Ini adalah salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur dan terkenal dengan budaya khas tarian reognya. Selain wisata budaya, Ponorogo juga kaya akan destinasi wisata lainnya.

Beberapa objek wisata di Kabupaten Ponorogo bisa kamu kunjungi. Tak lupa, makanan atau kuliner khas daerah setempat juga wajib dicicipi. Karena pasti tak akan bisa ditemui di daerah lain.

Selain pesona alamnya yang indah, berikut lima kuliner khas Ponorogo yang wajib kalian coba saat berkunjung kesana.

1. Sate Ayam Ponorogo

Berbeda dengan sate pada umumnya, daging ayam Sate Ponorogo ini tidak dipotong dadu, melainkan dengan difillet memanjang dan lebih tipis dari sate lainnya. Selain itu, makanan ini biasanya disajikan menggunakan lontong, saus kacang yang bercita rasa manis gurih dan sedikit pedas, serta irisan bawang merah atau bawang goreng.

2. Dawet Jabung

Minuman segar yang sekilas mirip dengan es cendol, tapi warna cendol dari dawet ini berwarna putih dan isiannya lebih beragam. Ada cendol, tape ketan hitam, nangka, serta gempol yang disiram gula merah dan kuah santan.

3. Jenang Mirah

Jajanan yang sudah ada sejak tahun 1955 ini dipelopori oleh seseorang yang bernama Mbah Mirah. Jenang ini memiliki cita rasa yang manis gurih dan tekstur yang empuk serta tidak lengket. Dahulu, Mbah Mirah menjual jenang ini dengan jalan kaki menuju berbagai tempat. Saat ini, usaha jenang Mirah telah menjadi usaha keluarga dan dikelola oleh anak serta cucu-cucu beliau.

4. Gethuk Golan

Jajanan tradisional ini merupakan jajanan khas yang kini mulai langka untuk ditemukan. Gethuk Golan berbahan dasar dari singkong yang ditumbuk bersama gula merah lalu ditaburi kelapa parut. Yang unik, gethuk ini disajikan bersama jadah atau ketan.

Baca Juga :  Irigasi di Ponorogo Masih Aman untuk Jamin Kebutuhan Air Petani    

5. Kerupuk Lempeng Hitam

Makanan satu ini terbilang unik karena berbahan dasar ketan hitam yang diolah menjadi lempengan-lempengan tipis, kemudian menjadi kerupuk jika digoreng. Usaha kerupuk lempeng ini berada di Kecamatan Tonatan, Ponorogo.

Nah, itulah beberapa makanan, minuman, jajanan kuliner khas dari Kabupaten Ponorogo, yang bisa jadi pengalaman kuliner kamu. Selamat menikmati! (bbs/yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.