Mengulik Asal Usul Nama Rubicon, Mobil Mario Dandy yang Bikin Penasaran Netizen

oleh -913 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Mobil Jeep Wrangler Rubicon yang dikendarai Mario Dandy Satriyo, anak pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo, masih jadi sorotan.

Belum lama ini beredar video yang memperlihatkan Mario mengendari Rubicon di kawasan terlarang Bromo. Bicara mobil tersebut, pernah tidak kamu kepikiran asal usul nama Rubicon?

Ketika melihat mobil jeep, kamu akan menemukan tulisan Rubicon yang terdapat di samping kap mesin. Umumnya tulisan Rubicon tersebut mendeskripsikan versi Wrangler dan Gladiator.

Namun, seperti apa asal usulnya hingga akhirnya nama Rubicon dipakai? Nah, simak yuk penjelasan berikut!

Asal Usul Nama Rubicon

Mengutip situs Jeep Canada, nama Rubicon berasal dari sebuah sungai kecil 150 mil di sebelah utara Roma. Di zaman Romawi, sungai tersebut menandai perbatasan resmi antara Italia dan Cisalpine Gaul, wilayah selatan Pegunungan Alpen yang diperintah oleh Julius Caesar.

Pada masa itu, menurut hukum Republik Romawi, gubernur provinsi mana pun yang memutuskan memimpin pasukannya melintasi perbatasan kembali ke Italia akan dinyatakan sebagai musuh publik. Dengan kata lain, menyeberangi Rubicon sama dengan deklarasi perang.

Ini cocok dengan seruan Julius Caesar yang terkenal, yaitu “Alea iacta est” atau dalam bahasa Inggris “The Die Has Been Cast”, yang artinya kurang lebih “Keputusan yang sudah dibuat tidak bisa diulang”.

Identitas Rubicon sebagai merek mobil jeep sendiri berangkat bukan dari Romawi, tempat sungai tersebut berada, melainkan dari California, Amerika Serikat.

Asal usul nama Rubicon berasal dari sebuah jalan. Pada tahun 1800-an, ada jalan yang dulunya dipakai untuk mengangkut penumpang dan sebagai jalur pengiriman surat. Jalan tersebut menghubungkan kota Georgetown dan Danau Tahoe, tetapi yang lebih penting, menghubungkan dua kompleks hotel, Wentworth Springs dan Rubicon Springs.

Baca Juga :  Sekolah di Banyuwangi Didorong Kelola Sampah Secara Berkelanjutan

Kedua lokasi itu tutup dan kemudian jalanan tersebut ditinggalkan, hingga akhirnya digunakan kembali tahun 1950-an oleh komunitas mobil off-road. Jadi pada tahun 1952, beberapa penduduk Georgetown mengadakan pertemuan untuk membahas kemungkinan penyelenggaraan tur Jeep dari Georgetown ke Danau Tahoe melalui Rubicon Trail.

Satu tahun setelahnya kegiatan itu baru terlaksana dan dinamakan Jeepers Jamboree 1. Pada tanggal 29 Agustus 1953, 55 jip dengan 155 peserta melaju melalui lintasan tersebut. Hari ini, setiap tahunnya pada akhir pekan terakhir bulan Juli, para penggemar mobil off-road berkumpul untuk melakukan ‘tradisi’ melintasi jalan tersebut.

Kini Jeep menjadi Rubicon Trail sebagai tempat menguji kendaraannya karena jalan tersebut dikenal sebagai jalan paling tidak ramah di planet ini sebab jalannya rusak, banyak tanjakan curam, turunan yang curam, dan penuh dengan bebatuan besar.

Dari sejarah tersebut, Rubicon dikenal sebagai kendaraan yang dapat terus maju melintasi segala macam medan. Nama itu juga sesuai dengan makna seruan “Alea iacta est” Julius Caesar yang bila sudah yakin dengan keputusannya tidak akan menengok kebelakang.

Demikian asal usul nama Rubicon yang ada di mobil jeep seperti milik Mario Dandy. (bbs/rie)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.