Libur Lebaran Telah Usai! Yuk, Intip 10 Tips Fokus dan Semangat Kembali Bekerja Ini

oleh -310 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Libur Lebaran resmi berakhir, kita akan kembali beraktivitas, termasuk bekerja. Agar lebih bersemangat dalam beraktivitas, berikut tips kembali fokus bekerja setelah libur Lebaran.

Bagi sebagian orang, memulai kembali rutinitas harian setelah menjalani libur Lebaran merupakan salah satu hal yang sulit dilakukan. Selain masih terbawa suasana libur Lebaran, tak sedikit orang yang cenderung membutuhkan waktu untuk beradaptasi kembali dalam memacu semangat dan fokus bekerja seperti biasanya.

Agar dapat mengembalikan semangat dan fokus bekerja setelah libur Lebaran, ada beberapa tips sederhana yang bisa dicoba. Penasaran ingin tahu bagaimana caranya? Simak tips kembali fokus bekerja setelah libur Lebaran berikut, yuk.

10 Tips Kembali Fokus Bekerja Setelah Libur Lebaran

Meskipun tak sedikit orang yang masih merasa malas untuk kembali bekerja setelah libur Lebaran, tetapi sebagai seorang profesional di dunia kerja, mengembalikan fokus dan semangat penting untuk dilakukan. Dirangkum dari laman Forbes, The Muse, hingga Indeed, berikut beberapa tips kembali fokus bekerja setelah libur Lebaran yang dapat dicoba.

1. Tuliskan Tujuan Seminggu ke Depan

Sebelum benar-benar kembali bekerja, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu sebentar di hari libur untuk menguraikan hal-hal yang harus dikerjakan selama seminggu ke depan. Salah satunya dengan menuliskan rencana tugas selama seminggu. Meskipun rencana ini cenderung bersifat sementara, tetapi dengan mengetahui hal-hal yang mungkin akan dilakukan selama seminggu ke depan membantu seseorang dalam melatih fokusnya saat kembali bekerja nanti.

Buatlah tujuan tersebut dengan menuliskan tugas yang kemungkinan besar harus diselesaikan hingga detail-detail kecil lainnya sebagai gambaran terkait apa yang harus dilakukan di hari pertama bekerja setelah libur Lebaran.

2. Buatlah Urutan Tugas yang Harus Dikerjakan

Selanjutnya, saat sudah benar-benar kembali bekerja setelah libur Lebaran, waktunya untuk mengurutkan daftar tugas yang harus dikerjakan. Ambil selembar kertas dan pulpen atau tambahkan catatan baru di komputer, lalu tuliskan tugas yang harus dikerjakan minggu ini atau bahkan di bulan ini. Dengan mengorganisasikan pekerjaan lebih awal, diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan fokus dan kembali bersemangat untuk menyelesaikannya.

Cara ini juga membantu seseorang dalam mengetahui tugas mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu maupun tugas mana saja yang memiliki tenggat waktu singkat.

3. Menyortir Email yang Masuk

Baca Juga :  Hindari 5 Kebiasaan Ini Biar Kamu Nggak Cepat Tua

Buat kamu yang bekerja dengan email sebagai salah satu tools yang paling utama, menyortir email masuk dapat menjadi salah satu tips mengembalikan semangat dan fokus bekerja setelah libur Lebaran. Selama libur berlangsung tentu akan ada banyak email yang masuk dan tidak sempat untuk dibuka selama waktu tersebut. Saat kembali pada rutinitas bekerja, pastikan untuk menyediakan waktu dalam menyortir email masuk. Disarankan untuk membuat list email manakah yang menjadi prioritas untuk segera diproses maupun email mana saja yang mungkin hanya berisikan spam atau hal-hal yang tidak berhubungan soal pekerjaan.

4. Awali Hari dengan Me Time

Ingin bersemangat dalam menyambut hari-hari awal masuk bekerja setelah libur Lebaran? Cobalah untuk menyisipkan me time atau waktu bagi diri sendiri sebelum berangkat ke tempat kerja. Caranya dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat dan memberikan dampak positif bagi diri sendiri. Seperti menyeduh kopi favorit, membaca buku, melakukan meditasi atau yoga, berolahraga dengan intensitas rendah, hingga melakukan hobi-hobi sederhana yang tidak menyita waktu terlalu banyak. Beberapa aktivitas tadi diharapkan dapat meningkatkan perasaan bahagia di dalam hati seseorang, sebelum kembali pada rutinitas bekerja.

5. Sisakan Ruang Beristirahat

Mengalami waktu yang sulit untuk beradaptasi kembali bekerja setelah libur Lebaran? Tidak ada salahnya untuk menciptakan ruang beristirahat di tempat kerja, detikers. Ruang beristirahat adalah sebuah istilah yang merujuk pada lokasi favorit di tempat kerja yang dapat digunakan untuk melepas penat maupun lelah saat seharian bekerja. Seperti menyisihkan waktu sejenak di dapur untuk menyeduh kopi maupun teh atau sekadar menyiram tanaman yang ada di beberapa sudut ruangan. Cara ini diharapkan dapat menjadi waktu beristirahat sejenak untuk mengembalikan energi sebelum kembali bekerja.

6. Mengejar Ketertinggalan

Selama libur Lebaran, tak jarang ada sebagian orang yang benar-benar lepas dari pekerjaannya. Hal ini membuatnya terkadang melewatkan beberapa ketertinggalan seperti email masuk, tugas yang menumpuk, hingga beberapa hal yang harus ditindaklanjuti segera. Saat sudah mulai masuk bekerja, pastikan untuk mengejar ketertinggalan itu dengan menyelesaikannya satu per satu. Jangan lengah dengan bermalas-malasan, sehingga akan menyulitkan untuk kembali fokus bekerja. Sebaliknya, segera lakukan tugas yang bisa dikerjakan agar tak membuat tugas semakin bertumpuk di hari-hari mendatang.

7. Kembali Rutin Berolahraga

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, menyisihkan waktu me time sebelum berangkat bekerja dapat dilakukan bagi seseorang agar mendapatkan manfaat yang positif. Hal ini juga berlaku buat kamu yang sebelumnya telah rutin berolahraga. Saat libur Lebaran, tak jarang ada sebagian orang yang meninggalkan sejenak rutinitas berolahraga. Setelah kembali masuk bekerja, pastikan untuk kembali melakukannya. Ada berbagai manfaat berolahraga yang bisa diraih, salah satunya mendapatkan tubuh yang bugar selama bekerja seharian. Oleh karena itu, jangan lupa untuk rutin berolahraga, baik itu sebelum berangkat maupun setelah pulang bekerja.

Baca Juga :  Ini Tema Hari Yoga Internasional dari The Westin Surabaya

8. Fokus Pada Satu Tugas Terlebih Dahulu

Kembali bekerja setelah libur Lebaran terkadang membuat beberapa orang merasa kewalahan dalam menyelesaikan tugas yang datang maupun telah menumpuk di hari sebelumnya. Alih-alih panik dan berpikir keras bagaimana cara menyelesaikannya, cobalah untuk fokus pada satu tugas terlebih dahulu. Selesaikan satu tugas yang ada, kemudian lanjutkan dengan tugas yang lain. Membuat urutan tugas yang harus dilakukan seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, diharapkan dapat membantumu dalam mengatasi situasi tersebut.

9. Menulis Hal Positif Tentang Pekerjaan

Ingin merasa bersemangat saat kembali bekerja setelah libur Lebaran? Tidak ada salahnya untuk menuliskan hal-hal yang positif tentang pekerjaan. Hal ini sekaligus melatih otak dalam menciptakan pola pikir yang sehat. Alih-alih mengawali hari dengan perasaan negatif tentang pekerjaan yang harus dilalui, cobalah pikirkan hal-hal kecil yang membahagiakan soal pekerjaan. Entah itu berhubungan dengan lingkungan sekitar, pekerjaan yang harus dilakukan, maupun hal-hal menyenangkan yang bisa didapatkan setelah selesai bekerja. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan perasaan bahagia dan motivasi dalam diri seseorang.

10. Selesaikan Tugas yang Sulit

Pernahkah merasa terbebani akan tugas yang sulit dan membuat khawatir? Alih-alih mengerjakannya di akhir, cobalah untuk menyelesaikannya di awal. Hal ini dilakukan karena tak jarang tugas yang sulit dan membuat khawatir dapat memicu perasaan cemas hingga stres. Dengan menyelesaikannya terlebih dahulu, diharapkan dapat mengurangi perasaan-perasaan itu. Bukan hanya itu, seseorang juga dapat beralih pada pekerjaan yang lebih mudah dengan perasaan yang cenderung lega.

Nah, itulah tadi sejumlah tips kembali fokus bekerja setelah libur Lebaran agar semangat dalam menjalani rutinitas tersebut. Selamat mencoba beberapa cara tadi ya! (bbs/yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News