Lho Lho, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Kini ‘Menghilang’

oleh -275 Dilihat

KILASJATIM.COM, Jakarta – Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Silmy Karim buka suara mengenai keberadaan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Menurutnya posisi yang bersangkutan masih belum berada di Indonesia.

Sebelumnya SYL melakukan kunjungan kerja ke Roma, Italia, menghadiri forum Global Conference on Sustainable Livestock Transformation yang diadakan oleh FAO, pekan lalu. Namun, saat ini posisinya tidak diketahui dimana.

Silmy menjelaskan pada 24 September 2023 lalu, SYL memang tercatat meninggalkan Bandara Soekarno-Hatta melakukan penerbangan ke Qatar-Doha-hingga Roma. Dari catatannya SYL bepergian bakal kembali pada tanggal 30 September dan tiba di tanah air pada 1 Oktober.

“Tapi dari situ kita sudah cek, belum termonitor di sistem bahwa yang bersangkutan di Indonesia,” ungkap Silmy Karim di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (3/10/2023).

Sedangkan untuk rombongan eselon satu yang berangkat bersama SYL, Silmy mengaku tidak memonitor apakah sudah tiba di Indonesia atau belum.

Adapun sampai saat ini Imigrasi belum memasukan SYL dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), karena belum ada surat rekomendasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Saya belum dapat surat dari KPK berkaitan dengan usulan ataupun putusan berkaitan dengan kebutuhan, dalam hal proses penyidikan di Komisi Pemberantasan Korupsi,” imbuhnya.

Sementara itu, Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni mengungkapkan Mentan SYL sedang menjalani pengobatan usai kunjungan kerja di Eropa. Sahroni mengatakan SYL memang dijadwalkan pulang 1 Oktober, tetapi harus ke rumah sakit sehingga kepulangannya tertunda.

“Pak SYL itu ada kegiatan di luar negeri yang tadinya tanggal 1 (Oktober) harus pulang. Cuma karena hal tentang fisiknya, prostatnya masalah, jadi dia langsung ke RS (Rumah Sakit),” ucap Sahroni kepada wartawan.

Dia pun memastikan SYL akan kembali ke Jakarta dalam waktu dekat. Menurut Sahroni, SYL akan kembali ke Tanah Air pada Jumat, 5 Oktober mendatang.

“Disangka hilang tuh kan lost contact. Ya maklumlah, orang kalau sudah tua, kena prostat, ya boro-boro mikirin telepon. Ya akhirnya nggak bisalah komunikasi. Tanggal 5 dia sudah di Jakarta,” ujar dia. (bbs/yun)

No More Posts Available.

No more pages to load.