Konten Kreator di Malang Diharap Perkuat Nilai Pancasila dalam Setiap Kontennya

oleh -458 Dilihat

Foto: Ist/Ilustrasi

KILASJATIM.COM, Malang – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan Penguatan Content Creator Wilayah Jawa Timur bertajuk ”FYP (FOR YOUR PANCASILA)” yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Erik Setyo Santoso, ST, MT dalam sambutannya pada acara yang digelar pada Selasa (7/5/2024) di Dome UMM tersebut.

Erik menyebutkan, perkembangan penyebaran informasi di era digital saat ini telah memberikan perubahan yang sangat besar dalam berbagai aspek kehidupan. Sehingga, literasi digital yang baik dinilai penting dimiliki oleh content creator dalam menyebarkan informasi termasuk juga dengan publikasi Pancasila sebagai ideologi negara.

Menurutnya, para content creator memiliki peran penting dalam mempromosikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap kontennya. Maka dari itu, Erik juga berharap melalui kegiatan ini para konten kreator bisa berperan lebih aktif dalam memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam setiap kontennya.

“Saya berharap nantinya content creator ini bisa menghasilkan konten-konten yang dapat menyebarkan pesan positif, menggugah kesadaran akan pentingnya memelihara persatuan, keadilan, demokrasi dan kesetaraan dalam bingkai ideologi Pancasila,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Biro Fasilitasi Pimpinan, Hubungan Masyarakat dan Administrasi Dr. Mahnan Marbawi, M.A menyebutkan kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan menguatkan ideologi Pancasila kepada anak-anak muda khususnya.

Maka dari itu BPIP selaku penyelenggara, berupaya untuk melakukan pendekatan kekinian yang lebih akrab bagi dunia anak muda dalam menyebarkan nilai-nilai Pancasila itu sendiri. Salah satunya adalah dengan membawa Ideologi Pancasila masuk ke dalam industri kreatif yang saat ini sangat dekat dengan dunia anak muda.

“Ideologi Pancasila yang doktrinal tersebut harus diubah persepsinya sehingga dapat masuk ke mana-mana termasuk industri kreatif,” jelas Mahnan.

Baca Juga :  Gubernur Khofifah Ajak ASN Kota Parepare Ber-AKHLAK

Selain di Kota Malang, kegiatan workshop Penguatan content creator ini juga diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia dan ditutup dengan acara puncak yaitu digelarnya jambore atau kopdar untuk para content creator secara nasional pada bulan Agustus 2024 mendatang, yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia.

“Saya berharap nanti ada wakil dari sini nih, dari Malang,” tukasnya.

Kegiatan yang diikuti ratusan content creator kategori pelajar, mahasiswa dan umum ini menghadirkan narasumber yaitu Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo dan Sutradara sekaligus Content Creator Bayu Skak. (fiq)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.