Harga Bapok di Jatim Relatif Stabil dan Stok Aman

oleh
Ses Daglu Kemendag RI, Marthin melakukan sidak dan memantau secara lansung ketersediaan bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru 2020 di Pasar Wonokromo Surabaya, Senin (16/12).

KILASJATIM.COM, Surabaya – Harga bahan pokok (bapok) di Jawa Timur relatif stabil dan stok aman. Jawa Timur setiap tahun termasuk paling aman dibandingkan dari pada provinsi-provinsi lain di Indonesia. Dilihat dari bapok secara umum tidak ada kenaikan.

“Hanya saja telur, bawang merah, bawang putih, dan harga gula sempat mengalami kenaikan karena gula secara nasional masih impor dan impornya mengalami keterlambatan jadi sedikit mengalami kenaikan, tetapi untuk Jawa Timur tidak masalah,” ungkap Sekretaris Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Ses Daglu) Kemendag RI, Marthin melakukan inspeksi mendadak (sidak) dan memantau secara lansung ketersediaan bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru 2020 di Pasar Wonokromo Surabaya, Senin (16/12).

Marthin memantau dan melihat perkembangan dan ketersediaan stok maupun pasokan bahan pokok beras, gula pasir, minyak goreng, daging sapi, daging ayam, bawang putih bawang merah, cabe dan berbagai sayuran semuanya terkendali.

“Saya cek sendiri di pasar Wonokromo Surabaya seperti beras, gula pasir, minyak goreng, daging sapi, daging ayam, bawang putih bawang merah, cabe, dan berbagai sayuran harganya cukup stabil dan terkendali,” ujar Marthin.

BACA JUGA: Kemendag Turunkan Tim Penetrasi Pasar

Dari hasil pemantauan harga daging sapi cukup stabil seperti daging sapi kualitas premium  Rp 110.000/kg, untuk daging sapi biasa Rp 80.000/kg-60.000/kg. Sementara daging ayam broiler masih dalam kisaran Rp 31.000-32.000/kg. Kemudian harga telur ayam rata-rata Jawa Timur Rp 24.000/kg, minyak doreng tanpa merek kualitas baik Rp 13.000/kg, gula pasir Rp 12.000/kg dan bawang merah Rp 29.000/kg.

“Kalau dalam seminggu kedepan tetap stabil, maka selanjutnya harga bapok di Jawa Timur akan tetap aman dan terkendali,” harapnya.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur dan Satgas pangan bersama Bulog serta dinas terkait setiap hari menurunkan tim memantau untuk mengamati dan mengecek perkembangan harga bapok di 116 pasar di Jawa Timur. “Jika dalam minggu ini aman tidak ada gejolak kenaikan harga bapok berarti tidak ada masalah untuk melewati tahun baru 2020,” tuturnya.

Oleh sebab itu, diimbau kepada kepada masyarakat jangan khawatir meskipun ada kenaikan seperti telur ayam ras dan bawang merah, Jawa Timur stoknya cukup tersedia banyak. Seperti telur ayam ras banyak tersedia di Blitar, Malang, Kediri dan Tulungagung. Sedangkan bawang merah di Jawa Timur banyak disuplai dari Nganjuk dan Probolinggo. (kominforyo/kj6)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *