Puspa Agro Kembali Sukses Gelar PLK

oleh

 

Surabaya, kilasjatim.com: Puspa Agro (anak usaha PT Jatim Grha Utama/JGU) kembali melakukan lelang sejumlah komoditas agro, Selasa (23/10/18) – sebagai lelang pertama pada 2018, setelah pada 2017 lalu berhasil menggelar 12 kali lelang yang sama. Kali ini Puspa Agro bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur.

Sedikitnya tercatat 29 komoditas yang digelar di Pasar Lelang Komoditas (PLK) Puspa Agro, Selasa,  dengan total kapitalisasi Rp56,63 miliar. Beberapa komoditas mengkontribusi nilai besar, diantaranya kacang tanah, bawang merah, bawang putih, tembakau, damar getah mata kucing, merica dan aneka serat.

“Kacang tanah mengkontribusi 15,79%, damar getah mata kucing 11,30%, bawang merah 13,34%, bawang putih 17,48%, merica 15,89%, tembakau 4,24%, kedelai 6,36% dan beras 4,50%. Lainnya kecil-kecil, di bawah 5%,” kata Mirza Muttaqien, Direktur Utama PT JGU kepada wartawan usai pelaksanaan lelang.

Menurut Mirza, peserta lelang pertama di 2018 ini rata-rata menyatakan puas, karena harga yang terbentuk di lelang relatif kompetitif dibanding harga di pasar umum. “PLK Ini bagian dari peran Puspa Agro dalam menghidupkan sektor agrobisnis di Jatim. Kami akan terus menambah varian komoditas yang dilelang, maupun peningkatan volumenya,” . tambah Mirza.

Puspa Agro merupakan salah satu penyelenggara Pasar Lelang Komoditas (PLK) yang telah mengantongi Izin dari BAPPEBTI  dan satu satunya di Jawa Timur. Pada 2017 lalu Puspa Agro telah 12 kali menyelenggarakan PLK  dengan Supervisi dari BAPPEBTI dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur

“Tahun ini Pemprov Jatim sendiri telah melaksanakan PLK sebanyak 3 (tiga) kali yaitu pada tanggal 20 Maret dan 24 Juli,  serta 23 Oktober bersama Puspa Agro. Kerjasama dengan Disperindag serta dukungan Biro Perekonomian Pemprov Jatim ini masih akan menggelar 2-3 kali lagi lelang komoditas hingga akhir tahun,” kata Mirza.

Perkembangan PLK di Puspa Agro terus membaik sebagai indikator membaiknya sektor agro di Jatim. Berkaitan dengan itu manajemen Puspa Agro akan terus menagoptimalkan fasilitas d an sistem, termasuk akan melengkapi dengan digital system. “Pada 2019 kami berencana menyelenggarakan Pasar lelang komoditas (PLK) secara ONLINE (E – Commerce),” kata Mirza.(ks-2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *