Wabup Bondowoso Minta Warga Teladani Para Pendiri Pancasila

oleh

BONDOWOSO, KILASJATIM.COM – Wakil Bupati Bondowoso sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Bondowoso, Irwan Bachtiar Rachmat bersama sejumlah kader partai memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 dan Bulan Bung Karno, di Pendapa Wisma Wabup, Selasa (1/6/2021) malam.

Sebagai bentuk terima kasih, Irwan mengajak masyarakat untuk mengenang jasa dan mondoakan 9 tokoh yang punya peranan penting dalam merumuskan dasar negara tersebut.

Panitia sembilan ini terdiri dari sembilan orang yang meliputi: Ir Soekarno (Sebagai Ketua); Mohammad Hatta (Sebagai Wakil Ketua); Achmad Soebardjo (Sebagai Anggota); Moh Yamin (Sebagai Anggota); KH Wahid Hasyim (Sebagai Anggota); Abdul Kahar Muzakir (Sebagai Anggota); Abikoesno Tjokrosoejoso (Sebagai Anggota); Agus Salim (Sebagai Anggota); dan AA Maramis (Sebagai Anggota).

Ketua DPC PDI-P Bondowoso, H Irwan Bachtiar Rahmat mengaku bangga karena bisa menggelar HUT Pancasila, meski di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Pihaknya mengajak kader partai dan masyarakat secara umum agar bersama-sama ingat sejarah bahwa dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah Pancasila

“Ada sosok Bung Karno yang menjadi penggagasnya kemudian disetujui oleh KH Hasyim Asy’ari, sehingga Pancasila menjadi pemersatu NKRI hingga saat ini,” katanya.

Momentum HUT Pancasila tidak hanya sekedar memperingati saja. Wabup mengajak seluruh tingkatan pengurus PDI Pejuangan berdoa bersama kepada para penggagas Pancasila. Sebab kata dia, para tokoh tim 9 telah berjasa dapat mempersatukan bangsa Indonesia menjadi negara yang berdaulat.

“Mari kita bersama-sama memanjatkan doa kepada sang pencipta azza wajalla agar arwah Bung Karno, KH Hasyim Asy’ari dan para tokoh tim 9 yang telah menggagas Pancasila mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah,” harapnya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Bondowoso ini juga mengajak para kader dan simpatisan partai, agar menjadikan HUT Pancasila ini sebagai momentum untuk membumikan nilai-nilai Pancasila. “Terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” imbuhnya.

Sementara Sekretaris DPC PDI-P Bondowoso, Sinung Sudrajad mengaku senang karena dapat melaksanakan HUT Pancasila dan Bulan Bung Karno.

“Ini momen penting, untuk mengenang para penggagas Pancasila, dan berdirinya Republik Indonesia,” jelas Wakil Ketua DPRD Bondowoso ini.

Menurutnya, nilai Pancasila juga dapat menangkal paham-paham ideologi radikal. Bahkan, dapat mencegah masuknya paham radikal ke sendi-sendi kehidupan masyarakat. “Apalagi di era digitalisasi revolusi industri 4.0,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *