Tingkatkan  Literasi, Pertamina Gandeng Balai Pustaka Bantu Perpustakaan Digital di Surabaya dan Jombang

oleh

Pertamina MOR V dan Balai Pustaka menyerahkan Perpustakaan digital untuk ponpes di Surabaya dan Jombang 

KILASJATIM.COM, Surabaya – Dalam rangka mendukung peningkatan literasi dan ilmu pengetahuan serta memajukan dunia pendidikan di Indonesia, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Region Jatimbalinus bersama dengan Balai Pustaka bekerjasama untuk menyerahkan Perpustakaan Digital untuk Pondok Pesantren Muhammadiyah K.H. Mas Mansyur, Surabaya dan Pondok Pesantren Fathul Ulum, Jombang.

Deden Mochamad Idhani, Unit Manager Communication & CSR Marketing Region Jatimbalinus mengatakan, kerjasama Pertamina dengan Balai Pustaka untuk fasilitas EduBP ini tersebar di seluruh lokasi binaan Pertamina seluruh Indonesia. Untuk tahun 2021 sendiri, ada sekitar 40 bantuan Perpustakaan Digital yang mendapatkan fasilitas EduBP dari Pertamina, dimana 3 diantaranya berada di wilayah Jatimbalinus.

“Harapan kami, semoga fasilitas ini dapat meningkatkan dan membantu proses belajar mengajar serta meningkatkan minat baca masyarakat untuk generasi yang lebih baik”, ujar Deden.

Pengelola Panti Pondok Pesantren K.H. Muhammadiyah, Syamsu Muktamar
mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Pertamina dan Balai Pustaka dalam program Perpustakaan Digital ini.

“Harapannya, semoga dengan hadirnya Pustaka Digital ini mampu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berdaya saing, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan teknologi sejak usia dini”, ujarnya saat serah terima secara simbolis Perpustakaan Digital Kamis (6/5) silam didampingi Pengasuh Pondok Pesantren Fathul Ulum, Ahmad Habibul Amin.

Pada kesempatan yang sama,
Rusminto Wahyudi, Sr. Spv. CSR & SMEPP Pertamina Marketing Region Jatimbalinus, menyampaikan keberadaan perpustakaan, rumah pintar, dan taman bacaan menandakan adanya perhatian terhadap kegiatan Literasi dimana menjadi hal yang penting untuk meningkatkan kemampuan berbahasa, menganalisis, mengevaluasi, mengelompokkan, dan memahami, terutama di bidang baca dan tulis.

“Sinergi antar BUMN antara Pertamina dan Balai Pustaka mencoba mewujudkan hal tersebut”, ujar Rusminto seraya menambahkan keberadaan perpustakaan, rumah pintar, dan taman bacaan menandakan adanya perhatian terhadap kegiatan Literasi dimana menjadi hal yang penting untuk meningkatkan kemampuan berbahasa, menganalisis, mengevaluasi, mengelompokkan, dan memahami, terutama di bidang baca dan tulis.

“Hari ini dengan sinergi antar BUMN antara Pertamina dan Balai Pustaka mencoba mewujudkan hal tersebut”, paparnya.

Dengan adanya bantuan Perpustakaan Digital tersebut, Pertamina juga berharap dapat memberikan dampak positif terhadap para santri di pondok pesantren tersebut.

“Semoga dapat menumbuhkan kepedulian santri terhadap bantuan taman bacaan dan perpustakaan digital tersebut, dapat meningkatkan minat baca santri dan semua elemen ponpes, juga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan mengintegrasikan kegiatan belajar mengajar dengan Pustaka Digital yang berada di Pondok Pesantren tersebut”, pungkas Rusminto.(kj2)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *