Sidoarjo Bangkitkan UMKM dan Pertumbuhan Ekonomi Lewat Jayandaru Night Market

oleh -459 Dilihat

Foto: Ist/Pemkab Sidoarjo

KILASJATIM.COM, Sidoarjo – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sidoarjo, Hj. Sa`adah Ahmad Muhdlor menyebut bahwa ekonomi di Kabupaten Sidoarjo mulai menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan yang positif akibat mulai bergeliatnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Alhamdulillah saat ini, pertumbuhan ekonomi di Sidoarjo mulai tumbuh setelah 3 tahun yang lalu hampir semua stagnan akibat pandemi covid-19. Saat ini semua lini usaha sudah berkembang,” kata Ning Sasha sapaan akrab istri Bupati Sidoarjo saat penutupan acara Jayandaru Night Market di Monumen Jayandaru Alun-alun Sidoarjo pada Minggu malam, (31/3/2024).

Ning Sasha yang juga Ketua TP. PKK Kabupaten Sidoarjo itu, menambahkan support Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) ini salah satunya melalui acara Jayandaru Night Market yang sengaja diadakan di bulan suci Ramadan.

“Acara ini selain memperingati HUT Dekranasda ke-44, sekaligus sebagai support Pemerintah untuk pelaku usaha mikro berkesempatan memperluas pasar dan meningkatkan penjualan mereka,” katanya.

Ning Sasha juga menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah, pelaku usaha, dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan ekonomi yang kondusif dan berdaya saing tinggi.

“Dengan adanya dukungan serta kerja sama yang solid, diharapkan pertumbuhan ekonomi di Sidoarjo akan terus meningkat dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi seluruh masyarakat,” ucapnya.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sidoarjo, ekonomi di Kabupaten Sidoarjo tahun 2023 mengalami pertumbuhan sebesar 6,16 persen dibanding tahun sebelumnya. Sektor industri pengolahan menyumbang kontribusi mencapai 48,61 persen. Di susul sektor perdagangan dan transportasi juga menunjukkan pertumbuhan yang positif di tahun 2023. Hal ini sejalan dengan meningkatnya aktivitas ekonomi dan mobilitas masyarakat.

Baca Juga :  Niro Granite Resmikan Creative Lab 

Diketahui sebelumnya, Jayandaru Night Market 2024 sebagai ajang pameran UMKM di Sidoarjo yaitu terdapat 100 stand pelaku usaha mikro binaan Disperindag, Dinkopum, Disporapar, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Sidoarjo, dan Dewan pemuda Sidoarjo. Pada acara puncak penutupan pameran, diumumkan pula pemenang lomba da`i cilik (Pildacil) tingkat siswa Taman Kanak-kanak atau TK se-Kabupaten Sidoarjo. Serta pemenang lomba desain batik haji tahun 2024. (fiq)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.