Saat Ramadan Harga Bapok Naik, Picu Inflasi  di Jatim Sebesar 0,64%    

oleh -393 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur mencatat selama Maret 2024 atau selama momen Ramadan ini, Jatim mengalami inflasi sebesar 0,64% dari bulan sebelumnya atau month to month (mtm)

Secara tahun kalender yakni Maret 2024 terhadap Desember 2023, Jatim telah mengalami inflasi sebesar 1,03% (ytd), dan secara tahunan atau year on year (yoy) mengalami inflasi sebesar 3,04%.

Kepala BPS Jatim, Zulkipli mengatakan inflasi Jatim secara month to month di bulan Ramadan atau Maret tahun ini lebih tinggi dibandingkan bulan Ramadan pada 2021 atau pada April 2021, dan Maret 2023,

“Dari kota yang menghitung Indeks Harga Konsumen (IHK) di Jatim seluruhnya mengalami inflasi. Tertinggi terjadi di Gresik yaknk sebesar 0,81% dan inflasi terendah terjadi di Banyuwangi 0,56%.,” ujarnya  dalam paparan Berita Resmi Statistik (BRS) Jatim, Senin (1/4/2024).

Ditambajkan, elompok makanan, minuman, dan tembakau mempunyai andil yang paling tinggi terhadap inflasi Jatim pada Maret 2024 baik pada inflasi bulan ke bulan, tahun ke tahun, maupun tahun kalender. Bahkan, inflasi (m-to-m) pada kelompok ini merupakan yang tertinggi dalam 13 bulan terakhir.

Komoditas yang sering menjadi pendorong inflasi saat bulan Ramadan di antaranya daging ayam ras, telur ayam ras, emas perhiasan, beras, bensin, dan angkutan udara.

Namun komoditas yang memberikan andil inflasi pada Maret 2024 atau Ramadan ini adalah daging ayam ras, telur ayam ras, emas perhiasan, beras, minyak goreng, bawang putih.

“Dihitung rata-rata harga per bulannya, terlihat bahwa harga komoditas daging ayam ras, telur ayam ras, tomat, dan bawang putih mengalami kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya. Bahkan, rata-rata harga daging ayam ras, telur ayam ras, tomat, dan bawang, putih berada cukup jauh di atas rata-rata harga Maret 2022,” pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Baca Juga :  Mei 2022 Nilai Ekspor Jatim Turun 15,87 Persen

No More Posts Available.

No more pages to load.