PT BSI Kirim Sembako dan Truk Tangki Air Bersih ke Warga Terdampak Banjir di Kecamatan Pesanggaran,

oleh -2 Dilihat

KILASJATIM.COM,BANYUWANGI
PT Bumi Suksesindo (PT BSI), operator tambang emas Banyuwangi, mengantisipasi terjadinya banjir susulan di Pesanggaran Banyuwangi dengan mengirimkan ekskavator PC 200 untuk membuat tanggul sungai dan pengamanan jalan yang mau putus.

Sebagaimana diketahui, Senin, 21 Maret 2022 terjadi hujan lebat yang mengakibatkan Sungai Karang Tambak yang melintasi perkampungan Sumbergandeng meluap. Banjir kali ini lebih besar daripada banjir yang pernah terjadi sebelumnya. Sehingga puluhan rumah warga dan lahan sekitar terendam air setinggi lutut orang dewasa, bahkan di beberapa bagian mencapai pinggang orang dewasa.

“Semoga pembangunan tanggul segera selesai. Terima kasih kepada PT BSI yang telah memberikan bantuan ekskavator,” ujar Kepala Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Riyono S.H.,

Deputy General Manager of Operations PT Bumi Suksesindo, Roelly Franza, menyatakan, bantuan ini merupakan bagian dari aksi gerak cepat perusahaan dalam mendukung penanganan permasalahan sosial.

“Semoga bisa menahan arus sungai sehingga tidak meluber,” ujarnya..

Banjir terjadi akibat Sungai Karang Tambak yang melintasi perkampungan Sumbergandeng meluap. Puluhan rumah warga dan lahan sekitar terendam air setinggi lutut orang dewasa, bahkan di beberapa bagian mencapai pinggang orang dewasa. Banjir kali ini lebih besar daripada banjir yang sebelumnya pernah terjadi.

Menurut Kepala Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Riyono S.H., ada 63 rumah warga yang terdampak banjir.

Selain menggenangi jalan, kebun, dan rumah warga, air juga memasuki sumur-sumur warga sehingga kotor dan tak layak untuk konsumsi. Saat ini, warga kesulitan memperoleh pasokan air bersih untuk kebutuhan minum dan memasak.

Dalam hal ini, PT BSI mengirimkan sembako dan truk tangki air bersih untuk mencukupi kebutuhan pangan dan air bersih warga yang terdampak banjir.

Roelly Franza, mengatakan, bukan pertama kalinya BSI terlibat dalam penanganan-penanganan permasalahan masyarakat seperti ini. Sejak wabah Corona merebak, perusahaan segera berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk terlibat dalam program-program penanganan. Walhasil, BSI membantu pengadaan masker, hand sanitizer, baju hazmat, alat ventilator, alat PCR, dan lain-lain.

Untuk permasalahan banjir di wilayah Kecamatan Pesanggaran lainnya, BSI juga telah melakukan upaya-upaya penanggulangan. “Salah satu yang paling besar adalah normalisasi Kali Gonggo di Pesanggaran,” katanya.

Selain itu, sebuah jembatan di Desa Kandangan merupakan akses yang menghubungkan Sumberdadi Kamplingan dan Sumberdadi Apelan ambrol akibat terjangan banjir ini. Jembatan tersebut kini tidak bisa dilewati lagi. (kj2)

No More Posts Available.

No more pages to load.