Pemkot Pastikan Seluruh Jagal di Kota Blitar Penuhi Standar Syarat Pemotongan Hewan

oleh -1.304 views
Drs H Santoso Mpd, plt Wali Kota Blitar .

KILASJATIM.COM, Blitar – Dari total 12 jagal atau rumah jagal yang ada di Kota Blitar, semuanya dinilai memenuhi persyaratan lokasi, sarana pendukung, konstruksi dasar dan desain bangunan, peralatan dan administrasi.

Drs. H. Santoso, M. Pd, Plt. Wali kota Blitar saat ditemui di kantornya, Senin (17/02/2020) siang mengatakan, sesuai dengan peraturan menteri pertanian No. 13 tahun 2010, tentang persyaratan rumah potong hewan ruminansia dan unit pemotongan daging (meat cutting plant), 12 jagal yang ada di Kota Blitar sudah menyelenggarakan proses pemotongan hewan yang terstandarisasi dan memenuhi kriteria Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUH). Selain itu, hewan yang dipotong juga sesuai kualifikasi, serta semuanya merupakan hewan lokal.

Dari hasil komunikasi dan koordinasi petugas dari RPH Dimoro, mayoritas pemilik jagal juga tidak memotong sapi betina produktif dan hal ini mencerminkan dukungan pengusaha jagal untuk menjaga keseimbangan pasar. Melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, pihaknya akan tetap menggelar pengawasan dan pemantauan untuk memastikan semua tahapan masuk standar yang sudah ditentukan pemerintah.

BACA JUGA: Plt. Wali kota Blitar Minta Masyarakat Tetap Waspadai Penyakit Demam Berdarah Dengue

“Alhamdulillah semua sudah berstandar, sudah sesuai aturan, jadi kita tidak was-was lagi dengan daging yang kita konsumsi,” jelas Santoso.

Jagal yang memenuhi standar syarat pemotongan hewan, secara tidak langsung akan menjaga kepercayaan konsumen terkait kualitas dan tingkat higienis daging. Termasuk komitmen mendukung Pemkot Blitar dalam upaya melindungi warganya dari peredaran daging tidak layak dan menegakkan peraturan potong hewan sesuai ketentuan dari pemerintah pusat. (hms/kj20)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.