Pemkot Malang Berangkatkan 10 Bus Mudik Gratis

oleh -1012 Dilihat

Foto: Ist/Pemkot Malang

KILASJATIM.COM, Malang – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menyelenggarakan Program Mudik Gratis 2024 bagi warga Kota Malang. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Erik Setyo Santoso, ST, MT secara resmi memberangkatkan sepuluh bus mudik gratis dari halaman depan Balai Kota Malang, Sabtu (6/4/2024).

“Yang ingin dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang adalah, pertama bisa memberikan fasilitas dengan menggunakan public transport dengan moda transportasi bus. Harapannya dengan angkutan umum massal seperti ini bisa mengurangi kepadatan pergerakan arus transportasi dari Kota Malang ke tempat-tempat mudik,” terang Erik.

Dalam Program Mudik Gratis 2024 ini Pemkot Malang menyediakan sepuluh bus dengan total kapasitas 450 kursi dengan sepuluh rute tujuan di wilayah Provinsi Jawa Timur. Program Mudik Gratis 2024 ini bertujuan untuk meminimalisir angka kecelakaan bagi kendaraan roda dua, mengurangi kemacetan, sehingga tercipta pelaksanaan mudik Lebaran yang aman, nyaman, teratur dan tertib.

“Bayangkan satu bis ini isinya 30 artinya kalau menggunakan sepeda motor maka di jalanan akan terjadi kepadatan yang berapa banyak bisa kita kurangi. Kedua dengan menggunakan moda transportasi seperti ini harapnya bisa lebih aman dan lebih nyaman diperjalanan. Berikutnya Pemerintah Kota Malang juga ingin meringankan beban warganya, karena kalau mudik seperti ini berbayarnya kan juga lumayan untuk beli tiket pulang ke kampung halaman,” ungkap Erik.

Melalui penyelenggaraan program mudik gratis ini, Erik berharap dapat meringankan beban warga masyarakat ke kampung halamannya. Hal ini juga sekaligus merupakan sebuah komitmen Pemkot dalam meminimalisir inflasi dari kebutuhan inflasi.

“Program ini bisa menjadi salah satu faktor untuk pengendali inflasi, karena penyumbang inflasi kalau di bulan yang berbarengan dengan Lebaran seperti ini salah satunya adalah biaya transport. Salah satu program kita itu kan bangaimana bisa menekan inflasi dengan menggunakan fasilitas mudik gratis seperti ini,” terangnya.

Baca Juga :  Surabaya Tak Masuk Daftar Smart City Versi IMD, Wali Kota Eri: Tergantung yang Nilai

Adapun rute Program Mudik Gratis 2024 adalah Malang-Blitar-Tulungagung-Trenggalek-Ponorogo, Malang-Blitar-Kediri-Jombang-Nganjuk-Madiun-Ngawi, Malang-Blitar-Kediri-Jombang-Nganjuk-Madiun-Ngawi, Malang-Lamongan-Bojonegoro, Malang-Lamongan-Tuban, Malang-Probolinggo-Situbondo-Banyuwangi, Malang-Probolinggo-Lumajang-Jember-Banyuwangi, Malang-Bangkalan-Sampang-Pamekasan-Sumenep, Malang-Sampang-Pamekasan dan Malang-Sampang-Pamekasan-Sumenep. Kuota penumpang telah penuh sejak dibuka pendaftarannya pada 18 hingga 22 Maret 2024. Bekerja sama dengan Polresta Malang Kota, armada bus program mudik ini ada tambahan tiga unit dengan kapasitas total 150 orang yang telah penuh terisi. (sat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.