One Stop Shopping Ala Pertashop Sinergi BUMN, Lebih Mudah dan Murah

oleh -338 Dilihat

One Stop Shopping Ala Pertashop Sinergi BUMN, Lebih Mudah dan Murah

KILASJATIM COM, Surabaya – Tingkatkan perekonomian pedesaan,  PT Pertamina  Persero optimalkan program Pertashop BUMN Bersinergi. Sinergi ini diharapkan mampu memberikan layanan produk BUMN yang lebih lengkap untuk masyarakat di pedesaan dampaknya ekonomi bisa berkembang pesat.

Di wilayah Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus dari 217 Pertashop yang ada, sudah ada 79 Pertashop yang menerapkan sistem Pertashop BUMN Bersinergi. Dimana pemilik Pertashop tak hanya menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi, Pertamax saja tetapi juga memiliki layanan BRIlink milik bank BRI, Agen POS, Toko Pe-i yang menjual produk Pupuk Indonesia hingga RPK Rumah Pangan Kita (RPK) Bulog yang menyediakan berbagai bahan kebutuhan pokok.

Kehadiran Pertashop BUMN Bersinergi ini dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat yang sulit mengakses layanan BUMN yang sebagian besar berada di kota. Salah seorang warga Buring perbatasan Kota Malang dan Kabupaten Malang, Ahmad (62), mengaku sudah tak perlu berkendara jauh ke Sawojajar Kota Malang untuk membeli BBM dan pupuk untuk lahan pertaniannya.

“Jadi enak sekarang, saya bisa beli sendiri pakai sepeda motor saja.  Jika dulu belinya harus minta tolong anak saya karena harus berkendara jauh ke kota,” kenang Ahmad, yang membeli 50 Kg pupuk Urea dan mendapatkan promo gratis 2 liter Pertamax di Pertashop KH Malik Buring Malang.

Beberapa warga yang sedang membeli Pertamax di Pertashop KH Malik, juga mengaku sangat terbantu dengan keberadaannya.

“Sebelumnya kalau perlu BBM harus turun ke kota. Tapi sekarang hanya lima menit dari perumahan saya,” kata Soleh, warga Buring.

Baca Juga :  PLN Manfaatkan FABA PLTU , Bahan Baku Industri Murah Mampu Reduksi Emisi Hingga 44%

Dia juga senang karena yang disediakan adalah BBM Pertamax. Meski motor nya hanya Yamaha Mio lama, Soleh mengakui, dengan Pertamax, motor lamanya tetap awet dan handal. Dirinya juga makin mudah karena di Pertashop KH Malik-Buring juga ada layanan POS Indonesia, menjual pupuk non subsidi, bisa mengirim uang lewat agen BRIlink hingga membeli beras murah milik Bulog.

“Jadi lebih enak, cukup di satu tempat ini saja sudah bisa dapat semua kebutuhannya. Selain itu, kalau di SPBU jauh itu kami hanya bisa beli BBM kalau beli kebutuhan lain harus mengeluarkan uang parkir karena di kota setiap toko ada tukang parkirnya,” paparnya.

Sylvia Nurfitriyana, dari CV Hutama Cipta Meinardy, owner dari Pertashop KH Malik – Buring juga membenarkan jika dirinya menyediakan outlet sinergi BUMN, seperti Pos Kita, Pupuk Indonesia, Rumah Pangan Kita (RPK) Bulog dan agen BRILink.

Sylvia juga mengaku sangat antusias karena Pertashop tipe Gold yang dia usahakan untuk baru operasional pada September 2022. Uniknya pembukaan Pertashop KH Malik ini dilakukan saat harga Pertamax sedang tinggi yakni Rp 14.400 per liternya.

“Awalnya sempat takut juga tetapi tim Pertamina selalu mendampingi dan menyemangati saya dan Alhamdulillah sekarang penjualannya semakin meningkat apalagi kami juga difasilitasi oleh Pertamina untuk melakukan berbagai promo khusus, misalnya beli pupuk gratis Pertamax,” papar Sylvia yang menyebut untuk Pertashop Gold ini dia mengeluarkan modal senilai Rp 250 juta.

Hal itu diamini oleh Direktur Pemasaran Regional Patra Niaga, Mars Ega Legowo, didampingi Executive GM Patra Niaga Jatimbalinus, Dwi Puja Ariestya, yang menyebutkan jika pihaknya terus mendorong Pertashop yang ada untuk memperbanyak outletnya melalui Sinergi BUMN.

Baca Juga :  Komitmen Wujudkan Masyarakat Sehat, PG Gelar Fun Walk dan Check Up Kesehatan Gratis

“Dan saya melihat di Pertashop KH Malik ini sinerginya paling lengkap. Semua gerai BUMN ada disini. Tentunya ini bisa menaikkan omset pemilik Pertashop serta membuat masyarakat lebih mudah lagi mengakses kebutuhan lainnya seperti pupuk, kirim uang hingga sembako mereka,” jelas Ega.

Menurut Ega, pihak Pertamina Patra Niaga selalu melakukan pendampingan untuk semua mitra Pertashop Sinergi BUMN terutama dalam hal penentuan berbagai paket promo sehingga masyarakat lebih tertarik berbelanja di outlet-outlet BUMN lainnya.

Di wilayah Malang sedikitnya ada 9 Pertashop yang sudah menerapkan Pertashop Sinergi BUMN diantaranya adalah :

1. Pertashop KH Malik : Bulog, POS, Brilink, Pupuk Indonesia
2. Pertashop Blayu : Bulog, Brilink, Pupuk Indonesia
3. Pertashop Sukolilo : Bulog, Brilink
4. Pertashop Sitiarjo : Bulog, Brilink
5. Pertashop Tawangargo : Bulog
6. Pertashop Saptorenggo : Bulog
7. Pertashop Madyopuro : Bulog
8. Pertashop Punten : Bulog
9. Pertashop Sumbersuko : Brilink. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.