Olah Limbah Kawasan Workshop, Barata Kerjasama Dengan GEMES

oleh -509 views
Istimewa

 

Gresik, Kilasjatim: PT Barata Indonesia (Persero) melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), menjalin kerja sama dengan Bank Sampah GEMES (Gerakan Memilah Sampah) Sekardadu, Gresik. Kedua pihak sepakat untuk melakukan kolaborasi pengelolaan limbah domestik di kawasan workshop pusat Barata Indonesia. Kerjasama ini diwujudkan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara kedua belah pihak yang dilakukan di Kantor Pusat Gresik.

Sekretaris Perusahaan Barata Indonesia, Tri Pangrukti, mengatakan Perseroan sebagai industri menaruh perhatian penuh terhadap pelestarian lingkungan salah satunya pengelolaan sampah domestik.

“Kerja sama ini adalah komitmen kami dalam mengoptimalkan pola konsumsi yang bertanggung jawab sekaligus meningkatkan nilai tambah yang berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat,” ujar angky, panggilan akrab, Tri Pangrukti, Kamis, 19/8/2021.

Angky mengatakan melalui program ini diharapkan Barata Indonesia dapat berkontribusi mendukung pemerintah mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) yang berkelanjutan di bidang lingkungan. “Kami mendukung penuh program bank sampah ini mulai dari proses pengangkutan, pemilahan, pengolahan sampah, hingga membangun program pembinaan dan pemberdayaan khususnya sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup dan lingkungan bagi masyarakat,” Tutur Angky.

Di sisi lain, Siti Fajriah, Pembina Bank Sampah GEMES, mengapresiasi atas sinergi yang dibangun oleh dua belah pihak sebagai misi membangun kebaikan. Dirinya juga berharap kerja sama ini dapat terus tumbuh dan melahirkan inovasi dalam hal pengelolaan sampah, sehingga ada nilai tambah yang dapat diberikan kepada masyarakat.

“Kami mengapresiasi sinergi ini dapat terus berlanjut, bukan hanya memberikan dampak positif bagi lingkungan, kesehatan dan ekonomi namun juga menciptakan inovasi pengembangan pengelolaan sampah,” pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, Angky menuturkan bahwa Barata Indonesia sebagai BUMN Manufaktur terus berinovasi dalam menjawab kebutuhan masyarakat. Dalam sesi diskusi dirinya menjelaskan Perseroan telah mengembangkan inovasi produk mesin pencacah plastik yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan nilai tambah bagi pengelolaan sampah. “Inovasi ini akan terus kami kembangkan di berbagai aspek dalam rangka mengemban misi BUMN sebagai agen pembangunan,” tutupnya.(KJ2)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.