Mudik Gratis untuk Lebaran 2024 Kembali Digelar, Yuk Intip Caranya!

oleh -626 Dilihat

Foto: Ist/Ilustrasi

KILASJATIM.COM, Surabaya – Dalam rangka mengantisipasi kendaraan pribadi, Kementerian Perhubungan kembali menyelenggarakan program Angkutan Mudik Gratis untuk Lebaran tahun 2024 dan akan segera dibuka pada awal Maret ini. Simak, berikut jadwal war tiketnya!

Dilaporkan Melalui laman resminya pada Sabtu (2/3), dephub.go.id sudah mengumumkan pembukaan mudik gratis 2024.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengungkapkan bahwa Kemenhub mengimbau masyarakat agar tidak mudik menggunakan sepeda motor karena memiliki potensi bahaya kecelakaan yang sangat tinggi dan mengajak agar dapat memanfaatkan transportasi umum atau bergabung dalam program ini.

“Kami mengajak masyarakat ikut serta dalam program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis sehingga bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan,” ujarnya.

Lebih lanjut, “Kami juga tidak bosan mengimbau agar masyarakat tidak melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor karena berpotensi tinggi terjadi kecelakaan, kami berharap masyarakat mudik menggunakan angkutan umum atau memanfaatkan program mudik gratis ini.”

Program mudik gratis oleh Kemenhub ini tersedia melalui jalur darat, laut dan juga kereta api yang diadakan di beberapa titik simpul transportasi.

Jalur Darat

Untuk jalur darat, Kemenhub melalui Ditjen perhubungan darat menggelar program ‘Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk.’ Program pendaftaran mudik gratis sepeda motor dengan bus dapat dilakukan melalui Aplikasi Mitra Darat yang dibuka pada 5 Maret-3 April 2024.

Pada arus mudik dan juga balik tersedia 722 unit bus untuk 30.088 penumpang dan 30 unit truk untuk 900 unit sepeda motor. Keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada tanggal 5-7 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik akan dilakukan pada tanggal 14 dan 15 April 2024.

Baca Juga :  Dukung Mudik Lebaran 2024, PUPR Beri Diskon Tarif Tol 20%

Jalur Laut

Sementara itu untuk jalur laut, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Laut yang mengadakan program ‘Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut’. Untuk kuotanya sendiri tersedia untuk 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor yang dijadwalkan pada 3-17 April 2024.

Terkait pendaftarannya bisa secara berkala memantau akun Instagram dari Ditjen Perhubungan Laut @djplkemenhub151.

Jalur Kereta Api

Untuk jalur kereta, Kemenhub melalui Ditjen Perkeretaapian menyelenggarakan program ‘Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kereta Api.’ Tersedia dengan kuota 28.196 penumpang dan 12.180 unit sepeda motor dengan keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 2-8 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik akan dilakukan pada 13-19 April 2024.

Untuk pendaftaran akan dibuka pada rentang 4 Maret 2024-18 April 2024 yang mana bisa dilakukan secara online melalui mudikgratis.dephub.go.id dan untuk pendaftaran secara offline dapat langsung mendatangi stasiun yang menerima pelayanan MOTIS 2024.

Itulah informasi terkait mudik gratis 2024 yang diselenggarakan oleh Kementrian Perhubungan. Seluruh informasi terkait juga bisa didapatkan melalui instagram resmi Kemenhub RI @kemenhub151. (bbs/sat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.