Libur Telah Usai! Ini Tips Kembalikan Semangat Si Kecil untuk Sekolah

oleh -583 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Liburan telah usai, saatnya si kecil kembali bersekolah. Namun, beberapa minggu tidak melakukan rutinitas belajar, membuat mereka bebas dan selalu ingin bermalas-malasan.

Mengembalikan semangat dan kebiasaan pergi ke sekolah pun menjadi hal yang cukup sulit, terutama kebiasaan untuk bangun pagi. Lalu, kira-kira apa yang bisa Ayah Bunda lakukan untuk mengatasi hal ini? Yuk, simak beberapa tips di bawah ini!

Latih Bangun Pagi

Beberapa hari sebelum kembali ke sekolah, ajak si kecil untuk bangun lebih pagi dan melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan, seperti bermain sambil berolahraga, atau berbelanja ke pasar, dan kegiatan lainnya.

Tujuannya, agar di hari pertama masuk sekolah, mereka sudah terbiasa dan tidak susah untuk dibangunkan.

Beli Perlengkapan Sekolah yang Baru

Periksa perlengkapan sekolah yang dimiliki si kecil, apakah ada yang sudah habis, rusak, atau yang perlu diganti. Seperti buku, sepatu, tas sekolah, alat tulis, dan lainnya.

Anak-anak akan senang dan tidak sabar untuk menggunakan perlengkapan yang baru di hari pertama kembali ke sekolah.

Tetap Belajar di Saat Libur

Demi mempersiapkan si kecil mengawali hari pertama sekolahnya dengan baik, kita perlu melatih mereka untuk tetap belajar saat libur. Namun, bukan berarti mereka harus belajar pelajaran sekolah atau sejenisnya, ya.

Beberapa hari sebelum masuk sekolah, Ayah Bunda bisa mengajak mereka belajar lewat aktivitas atau permainan yang menyenangkan. Misalnya dengan belajar berhitung saat membuat kue bersama atau pun dengan menyelesaikan permainan kelas TK A atau TK B di gadget yang tersedia di beberapa website.

Saat melakukan kegiatan tersebut, tanpa sadar si kecil pun sudah mulai melatih kebiasaan belajarnya kembali.

Baca Juga :  Biennale Jatim X: Cultural Synthesis, Sebuah Perjumpaan Perpaduan Budaya yang Menggugah

Menjaga Kesehatan

Sayang sekali jika si kecil sakit dan terpaksa tidak masuk di hari pertamanya kembali ke sekolah. Untuk itu, Ayah Bunda perlu menjaga kesehatan si kecil. Mulai dari memperhatikan asupan gizi mereka selama liburan, hingga tak lupa untuk memberikan waktu istirahat yang cukup. Sehingga di hari pertama masuk sekolah, mereka bisa semangat belajar dengan tubuh yang fit.

Mengobrol Tentang Sekolah

Saat libur bukan berarti Ayah Bunda tidak boleh membicarakan hal apapun seputar sekolah kepada si kecil. Justru beberapa hari sebelum liburan berakhir, ajaklah si kecil untuk mengobrol tentang sekolahnya. Baik tentang guru, teman-teman, atau pun kebiasaan-kebiasaan lain yang dilakukannya di dalam kelas. Hal ini membantu mereka mengingat kembali hal-hal menyenangkan apa saja yang ada di sekolah, dan akhirnya dengan sendirinya si kecil akan menanti-nantikan waktu masuk sekolah tiba.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Ayah Bunda lakukan untuk mengembalikan semangat si kecil bersekolah. Selamat mencoba, ya! (bbs/bkj)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.